Kronologi sebelum Syekh Maher Al-Mu'aiqly Tumbang saat Pimpin Sholat Jumat

Imam Syekh Maher Al-Mu'aiqly
Sumber :
  • Viva.co.id

Arab Saudi, VIVA Jatim-Imam Syekh Maher Al-Mu'aiqly dari Masjidil Haram di Mekkah, Arab Saudi, kelelahan saat menunaikan salat Jumat. Imam kelahiran Madinah itu langsung kehilangan kesadaran, sehingga tidak mampu membaca fatihah rakaat pertama.

Momen Kiper Timnas Indonesia U-23 Ketawa dengan Khutbah Bahasa Thailand

Acara berlangsung pada salat Jumat tanggal 24 Muharam 1445 Hijriah / 11 Agustus 2023. Selama ibadah sholat Jumat, Syekh Maher menjalankan sebagai khatib dan juga sholat Jumat. Syekh Maher sebelumnya tidak menunjukkan tanda-tanda sakit. 

Dia bahkan sempat menyampaikan sekitar 30 menit khotbahnya pada hari Jumat, di tengah cuaca terik di Mekkah, dengan suhu mencapai 43 derajat Celcius. Syekh Maher Al-Mu'aiqly sang Imam memiliki suara khas yang banyak diputar di masjid-masjid di Indonesia. 

Secara Bertahap, Sebanyak 7.092 Jamaah Haji Didorong dari Madinah Bergeser ke Mekkah

Saat membaca surat pertama yaitu Al Fatihah, suaranya tiba-tiba melunak. Syekh Maher tidak dapat melanjutkan "ihdinashshiratal mustaqim". Nafasnya terdengar berat. Beberapa detik kemudian, Syekh Abdul Rahman al-Sudeis langsung mengambil alih.

Karena itu, imam salat Jumat melanjutkan pembacaan Syekh Maher. Syekh As-Sudais memilih untuk mempercepat shalatnya dengan membaca pesan teks. Pada shalat pertama dibacakan Surat Al Kautsar yang hanya terdiri dari tiga ayat.  

Penuh Historis, Fakta Menarik Bagian Kabah yang Perlu Diketahui

Demikian pula pada rakaat kedua, Syekh As-Sudais membaca surat Al-Ikhlas. Situasi itu menimbulkan pertanyaan dari jemaah. Apa yang terjadi pada Syekh Maher Al Muayqali. Publik pun ramai mendoakan kesembuhan Syekh Maher. 

“Ya Allah lindungi dan limpahkan kesehatan kepada Syekh Maher Al Muaiqly yang sebelumnya berhalangan untuk melanjutkan salat Jumat di Masjid Al Haram sehingga digantikan oleh Syekh Sudais,” doa di akun resmi Haramain.

Halaman Selanjutnya
img_title