Fakta-fakta Food Estate yang Dikritik PDIP, Ada Unsur Kejahatan Lingkungan?

Presiden Jokowi bersama dengan Prabowo dan Ganjar
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta, VIVA Jatim – Program Food Estate atau Lumbung Pangan yang digagas Presiden Joko Widodo guna mencegah krisis pangan. Untuk itu pemerintah kini tengah menggarap program tersebut dengan serius. Dalam hal ini Kementerian Pertahanan.

Presiden Jokowi Ajak CEO Microsoft Kembangkan Teknologi AI dan Pusat Riset di IKN

Kementerian Pertahanan menggarap program Food Estate di sejumlah wilayah. Seperti Kalimantan Tengah, Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Papua.

Namun, beberapa waktu ini program ketahanan pangan Presiden Jokowi itu menuai kritik tajam dari PDIP. Yang, antara lain menyebutkan bahwa ada unsur kejahatan lingkungan dalam program itu.

Sama-sama Maju Pilkada, Bupati dan Wakil Bupati Lamongan Berebut Rekom PDIP

Dilansir dari VIVA, Sabtu, 19 Agustus 2023, berikut adalah beberapa fakta lainnya terkait program Food Estate yang dihimpun VIVA dari berbagai sumber:

1. Bagian dari Program Strategis Nasional (PSN) di 8 provinsi

Kandidat Kuat Pilkada Kediri, Mas Dhito Fokus Kerja hingga Akhir Masa Jabatan

Program food estate adalah kebijakan pemerintah yang memiliki konsep pengembangan pangan secara terintegrasi, yang digagas Jokowi sebagai salah satu kebijakan yang masuk dalam Program Strategis Nasional (PSN) 2020-2024.

Pelaksanaan proyek lumbung pangan sendiri tersebar di sejumlah wilayah, di antaranya Kalimantan Tengah, Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, hingga Papua.

Halaman Selanjutnya
img_title