Krisis Membaca, Bupati Gresik Sebut Pemuda Lebih Suka ke Warkop Ketimbang Perpustakaan

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, saat peluncuran Buku Piknik Literasi
Sumber :
  • Tofan Bram Kumara/Viva Jatim

Gresik, VIVA JatimPerubahan zaman yang semakin cepat membuat literasi menjadi senjata efektif dalam meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) muda. Hal ini disampaikan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani, saat peluncuran Buku Piknik Literasi di Gedung Nasional Indonesia (GNI) Gresik pada Selasa, 22 Agustus 2023.

Skor 97 Persen, PT Smelting Raih Predikat Gold Sertifikasi Sistem Manajemen Pengamanan

"Kita harus terus masif mendorong anak-anak kita dalam meningkatkan literasinya, karena sebentar lagi kita akan memasuki bonus demografi. Artinya, potensi anak-anak muda sekarang diuji apakah benar-benar mampu menjadi anak muda yang progresif dan adaptif," ujar Bupati yang akrab disapa Gus Yani itu.

Ia menegaskan jika literasi sukses diterapkan kepada masyarakat, maka bonus demografi berhasil dimanfaatkan. Sebaliknya, jika tidak berhasil maka yang diperoleh adalah bencana demografi.

Kampanye Simpatik, Satlantas Polres Gresik Bagikan Coklat ke Pengendara

Ia menyayangkan, Gresik tengah mengalami krisis membaca. Menurutnya, masih banyak pemuda Kota Pudak yang lebih memilih pergi ke warung kopi atau kafe ketimbang perpustakaan. Hal ini dampak negatif dari perkembangan media sosial yang terlalu cepat, sehingga menciptakan lingkungan sosial yang kurang produktif.

"Kenyataannya lebih banyak anak muda yang nongkrong di warung kopi ketimbang perpustakaan ataupun rumah ibadah. Maka kita harus kita bekali anak-anak kita agar mereka bisa terbiasa dalam melakukan hal positif seperti membaca dan menulis." ujarnya.

Ketua Partai Gerindra Gresik Jadi Pendaftar Pertama Calon Bupati di Partai Demokrat

Melansir dari data yang dirilis Diskominfo Gresik Mei 2023 lalu, diketahui Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) masyarakat di Kabupaten Gresik berkategori sedang. Meskipun indikator frekuensi membaca dan frekuensi akses Internet tergolong tinggi, tetapi durasi membaca, jumlah buku yang dibaca, dan durasi akses internet masih tergolong sedang.

Untuk itu, Gus Yani mengimbau kepada para guru dan orang tua, agar membiasakan literasi sejak dini kepada siswa dan anak mereka. Harapannya dapat menjadi sumber wawasan untuk mendongkrak masa depan mereka.

Halaman Selanjutnya
img_title