Capres Cawpres Belum Terbentuk, Pengamat: Main Kucing-Kucingan

Partai Politik dan Generasi Milenial
Sumber :
  • IST/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Pendaftaran Calon Presiden dan Wakil Presiden sudah tidak lagi genap dua bulan. Dilihat dari situs resmi KPU pendaftaran Capres-Cawapres dibuka 19 Oktober hingga 10 November 2023. Namun hingga saat ini sosok capres, Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo maupun Anies Baswedan masih belum menentukan pendampingnya.

Soal Foto Bersama Dasco Gerindra, Cak Imin: Tak Ada Makna Tersembunyi, Hanya Aktifitas Biasa

Menurut pengamat politik dari Universitas Trunojoyo Madura, Surokim Abdussalam semua partai masih main kucing-kucingan dan saling mengkalkulasi kekuatan lawan untuk menentukan formulasi yang pas demi memenangakan kontes lima tahunan ini.

"Itu strategi petak umpet main kucing-kucingan dalam pilpres 2024," katanya saat dikonfirmasi Viva Jatim, Kamis 24 Agustus 2023.

Cak Imin Upload Foto dengan Dasco Gerindra, Ada Apa?

Menurut peneliti senior SSC ini, baik Prabowo, Ganjar dan Anies akan mengumumkan cawapresnya di detik-detik terakhir pendaftaran. Karena semua masih mengintip perpaduan paslon lain, sebab sosok cawapres tersebut sangat menentukan nasib basis suara.

"Sepertinya akan pada lastminutes, guna menghindari sasaran tembak penilaian banyak pihak," tuturnya.

Khofifah Full Power di Pilgub Jatim 2024, Pengamat Politik: Mungkinkah PKB Beri Perlawanan?

Kehausan masyarakat akan sosok cawapres dari setiap calon ia katakan untuk saat ini diabaikan dulu. Pasalnya antara kepentingan masyarakat dan kepentingan partai koalisi berbeda. Kepentingan partai koalisi tujuannya satu, yakni menang. 

"Iya beda kepentingan, kalau masyarakat dan publik lebih senang dipercepat, agar punya waktu menimbang-nimbang lebih panjang. Tapi bagi koalisi tentu lebih memilih aman sampai melihat kekuatan paslon lain," jelas Surokim.

Halaman Selanjutnya
img_title