Gubernur Khofifah Serahkan BLT kepada Ribuan Buruh Pabrik Rokok di Jatim

Khofifah saat menyerahkan BLT DBHCHT kepada buruh pabrik rokok
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Dalam upaya meningkatkan pemerataan kesejahteraan bagi masyarakat, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada ribuan buruh pabrik rokok di Jawa Timur.

Khofifah Belum Lirik PKB Maju di Pilgub Jatim, Cak Imin: Kalau Daftar Kita Sambut

BLT tersebut berasal dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) yang dikelola Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Kamis, 24 Agustus 2023.

Penyerahan BLT yang berlangsung di PT HM Sampoerna Rungkut 2, Surabaya itu diserahkan secara simbolis kepada 100 perwakilan buruh rokok. Turut mendampingi, Direktur PT HM Sampoerna, Direktur Bank Jatim dan para OPD terkait. Jumlah keseluruhan penerima BLT tersebut adalah 5.030 orang.

Lantik 23 PPIH Embarkasi Surabaya, Pj Gubernur Adhy: Komitmen Maksimalkan pelayanan

Gubernur Khofifah mengatakan, penyaluran BLT dari DBHCHT kepada buruh pabrik rokok ini merupakan wujud upaya nyata peningkatan dan pemerataan kesejahteraan. Sekaligus, untuk mengimplementasikan program Nawa Bhakti Satya, yakni Jatim Sejahtera.

"Kami berharap bantuan ini tepat sasaran, tepat manfaat serta memberikan dampak positif bagi penerima bantuan maupun keluarganya. Sehingga, bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Khofifah Puji Rektor Unair Susun Konsep Pendidikan Indonesia Maju

Khofifah menjelaskan, penyerahan BLT ini didasarkan pada Permenkeu RI No. 215/PMK.07/2021 tentang penggunaan, pemantauan dan evaluasi DBHCHT serta Pergub Jatim No. 71 tahun 2022 tentang alokasi DBHCHT kepada Provinsi Jatim dan Kabupaten/Kota di Jatim tahun 2023.

"Pemanfaatan anggaran DBHCHT tidak hanya menyejahterakan masyarakat, tetapi juga berpengaruh di sektor kesehatan dan sektor penegakan hukum sesuai Peraturan Menteri Keuangan," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title