Menkes Ungkap Polusi Udara Jabodetabek: Ada Partikel kecil Paling Berbahaya

Menkes Budi Gunadi Sadikin
Sumber :
  • Viva

Jakarta, VIVA JatimMenteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan sumber polusi udara di wilayah Jabodetabek dianggap sangat berbahaya. 

Menkes Budi Siapkan 4 Strategi Hadapi Potensi Munculnya Pandemi 

 Ia mengatakan bahwa partikel paling berbahaya dalam polusi udara Jabodetabek adalah partikel 2.5 (PM 2.5) per mikrometer. 

Menurutnya, partikel ini sangat kecil, sehingga bisa masuk ke dalam pembuluh darah dan paru-paru. Hampir semua negara dengan tingkat polusi tinggi mengukur partikel 2.5 mikrometer.

Putra Daerah Tulungagung dr Supriyanto Jadi Direktur Utama RSCM Jakarta

“Sumbernya ini dari mana? sumbernya ini dari pembakaran, pembakaran dari karbon. Bisa pembakaran karbon yang ada di bensin untuk transportasi, bisa pembakaran karbon yang ada di industri yang banyak pembakarannya seperti smelter industri baja, itu kan butuh heating, bisa juga pembakaran sampah, karena ada unsur karbonnya,” kata Budi saat raker bersama Komisi IX DPR RI, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 30 Agustus 2023.

Budi menjelaskan, karena partikel ini sangat kecil dan berbahaya, maka polusi udara Jabodetabek dapat menyebabkan penyakit pernapasan. 

Minum Air Dingin di Musim Panas Sebabkan Batuk, Benarkah Demikian?

"Yaitu infeksi saluran atas, infeksi paru, dan juga sebagian dari asma,” imbuhnya. 

Sebagaimana diketahui, Polusi udara di ibu kota DKI Jakarta sedang disorot lantaran sudah kian memburuk hingga dikeluhkan masyarakat luas dari berbagai kalangan. Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Sigit Reliantoro mengklaim bahwa pengguna kendaraan bermotor yang kian bertambah menjadi penyebab polusi udara yang memburuk.

Halaman Selanjutnya
img_title