Wacana Datangkan Dokter Asing Ditolak Dekan FK Unair, Ini Alasan Menkes

Menkes Budi Gunadi Sadikin
Sumber :
  • Viva

Surabaya, VIVA Jatim – Eks Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair), Prof Dr Budi Santoso atau yang dikenal dengan Prof Bus dipecat dari jabatanya. Hal itu ditengarai karena dirinya menolak dengan tegas wacana Kementerian Kesehatan mendatangkan dokter asing.

Profil Mochammad Afifuddin, Plt Ketua KPU RI Pengganti Hasyim Asy'ari

Penolakan itu bukan tanpa alasan, Prof Bus meyakini bahwa 92 Fakultas Kedokteran yang ada di Indonesia mampu melahirkan dokter-dokter berkualitas dan handal. Sehingga tidak perlu mendatangkan dokter dari negara lain. 

Meski Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membantah keterilibatannya dalam pemecatan Prof Bus, ia menjelaskan alasan keinginannya mendatangkan dokter asing. Ia mengatakan wacana itu sudah dibahas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Protes Pemberhentian Dekan Fakultas Kedokteran, Guru Besar Unair: Jangan Jadi Penjilat!

Berikut 4 alasan dibalik wacana impor dokter, dikutip dari VIVA, Jumat, 5 Juli 2024: 

1. 12 Ribu Bayi Berisiko Kelainan Jantung Bawaan 

Civitas Akademika FK Unair Surabaya Protes Pemberhentian Dekan Budi Santoso

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut misi utama pemerintah mendatangkan dokter asing adalah untuk menyelamatkan sekitar 12 ribu nyawa bayi per tahun yang berisiko meninggal akibat kelainan jantung bawaan. 

"Itu karena pada saat sekarang kita punya lebih 12 ribu bayi yang punya kelainan jantung bawaan," kata Budi Gunadi Sadikin usai menghadiri rapat internal bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa, 2 Juli 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title