Mahasiswi KKN Instika Ajak Masyarakat Jadi Pelopor Hidup Berwawasan Lingkungan

Seminar Lingkungan KKN Instika 2023 di Kadur, Pamekasan
Sumber :
  • Ibnu Abbas/Viva Jatim

Pamekasan, VIVA Jatim – Mahasiswi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Integratif Instika 2023 posko 26 menggelar Seminar Lingkungan. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengajak masyarakat Desa Kartagena Tengah, Kadur Pamekasan, menjadi pelopor hidup berwawasan atau peduli terhadap lingkungan. Selasa, 29 Agustus 2023.

Tumpakan Sampah di TPS Benpas Timbulkan Bau Menyengat, Pj Wali Kota Mojokerto Turun Tangan

Kegiatan bertajuk 'Refleksi dan Habituasi Pola Hidup Masyarakat Ramah Lingkungan' itu dipusatkan di balai desa setempat. Merupakan satu di antara sekian program yang dicanangkan peserta KKN Integratif Instika 2023. Lebih khusus, sebagai langkah awal membentuk kesadaran pentingnya peduli lingkungan, utamanya perihal pengelolaan sampah.

Masyaikh Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk, Sumenep, Kiai M Musthafa mengatakan bahwa perihal sampah menjadi satu hal yang memang perlu dipikirkan bersama. Baik dalam aspek penanganannya atau antisipasinya. Sehingga keberadaan sampah bisa dimanfaatkan dengan baik.

Kasus Anggota TNI Dikeroyok Warga di Pamekasan, Polisi: Masih Diselidiki

“Sampah merupakan suatu hal yang memang sangat perlu untuk dipikirkan dan direnungkan. Baik terkait penanganannya, seperti pengelolaan dan cara pengolahannya agar sampah-sampah tersebut memberi manfaat tersendiri. Bukan mendatangkan mudharat," ungkap pria yang tak lain adalah kiai sekaligus aktivis lingkungan itu.

Sebagai tambahan referensi yang kuat bagi masyarakat dalam mengolah sampah, mahasiswa KKN Instika Posko 26 juga menggelar nonton film 'The Back, Merdeka dari Sampah' serta video dokumenter tentang perjalanan hulu ke hilir pengolahan sampah yang diproduksi oleh Pondok Pesantren Annuqayah Lubangsa.

Soal Pengusiran Wartawan saat Rekapitulasi, KPU Pamekasan: Miskomunikasi

Ketua Posko 26 KKN Integratif Instika 2023, Ayu Qamariya berharap, Seminar Lingkungan yang helat itu bisa menumbuhkan semangat bersama menjadi pelopor hidup peduli lingkungan. Sehingga Desa Kartagena Tengah menjadi percontohan bagi desa-desa lain dalam pengolahan sampah yang baik.

“Kami KKN Posko 26 berharap menjadi pelopor untuk menggerakkan seluruh elemen masyarakat dalam mewujudkan desa Kertagena Tengah yang peduli terhadap sampah dan lingkungan sekitar dengan menerapkan pola hidup yang berwawasan lingkungan," harapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title