Antusiasme Ribuan Warga Saksikan Kirab Pusaka Peringatan Hari Jadi Trenggalek ke-829

Proses kirab pusaka Hari Jadi Trenggalek
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Trenggalek, VIVA Jatim –Ribuan warga dan siswa-siswi antusias menyaksikan iring-iringan kirab pusaka di seputaran Alun-alun Trenggalek pada Kamis, 31 Agustus 2023. Kirab pusaka digelar dalam rangka Hari Jadi Trenggalek yang ke-829.

PDIP Kuasai DPRD Trenggalek, PKB Posisi Kedua

Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin mengungkapkan bahwa peringatan Hari Jadi Trenggalek tahun ini berbeda, yaitu dalam proses jamasan pusaka terasa lebih lengkap. Sebab, sekarang sudah Prasasti Kamulan sudah kembali, ini menjadi satu hal yang penting.

"Saya senang masyarakat antusias pada hari ini. Nanti malam acara penutupan puncak acara wayangan juga akan memberikan penghargaan kepada kepala desa yang inovatif dalam gelaran Sutran Awward," ungkap Mochamad Nur Arifin di Pendopo Manggala Praja Nugraha.

Ratusan Pedagang Bakal Geruduk Pendapa Trenggalek gegara Retribusi Mencekik

Pusaka tersebut diantaranya ada yang baru, pemberian dari Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Satu berupa tombak Wignyo Murti dan satu benda pusaka Songsong Ayomsih.

Salah satu warga Pogalan, Winarsih mengatakan sejak pagi menyempatkan untuk mengikuti prosesi Hari Jadi Trenggalek. Ia bersama anak dan cucunya yang masih kecil berada di halaman depan pendopo.

Mas Ipin: Pemulihan Pasca Banjir Munjungan Trenggalek Ditangani Secara Cepat

"Setiap tahun sudah lama ikut mas," bebernya. 

Pantauan VIVA Jatim, ratusan siswa dan ribuan masyarakat ikut menyaksikan iring-iringan kirab pusaka. Bahkan sejak pagi sudah bersiap untuk menyaksikan prosesi Hari Jadi Trenggalek yang ke 829 tahun.

Halaman Selanjutnya
img_title