Makna Ziarah Anies Baswedan di Makam Ayahanda Cak Imin di Jombang

Anies Baswedan bersama Gus Salam di Denanyar Jombang
Sumber :
  • Viva Jatim/Nur Faishal

Jombang, VIVA JatimAnies Baswedan, Bacapres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) berkunjung ke kamar kelahiran KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, di Pondok Pesantren Mambaul Maarif Denanyar, Jombang, Jawa Timur.

Jawaban Anies Saat Ditanya Gabung Kabinet Prabowo, Takut Gede Rasa

Dalam kunjungan tersebut, Anies didampingi langsung oleh Pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Maarif Denanyar, KH Abdussalam Shohib atau Gus Salam.

Gus Salam kemudian bercerita kepada Mantan Gubernur DKI Jakarta itu bahwa kamar itu merupakan ruang istirahat pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Bisri Syamsuri. Di tempat itu pula lah Presiden ke-4 lahir.

Anies Sapa Relawannya di Surabaya, Titip Tetap Jaga Gagasan Perubahan

“Kebetulan di dalem kasepuhan, ada kamar kelahiran Gus Dur. Saya ajak ke situ untuk mengenang, yang juga kebetulan dulu kamarnya Mbah Bisri,” kata Gus Salam, Kamis 31 Agustus 2023.

Anies juga menyempatkan diri berziarah ke makam KH Bisri Syansuri. Ia sempat membaca tahlil dan menabur bunga di pusara salah satu pendiri NU itu.

Usai Kalah Sengketa Pilpres di MK, Cak Imin Bilang Begini

“Beliau hadir di Denanyar pas kebetulan Azan Zuhur dikumandangkan. Akhirnya saya ajak jemaah di masjid, kemudian ke makam untuk tahlil dan tabur bunga,” ucapnya.

Tidak hanya itu, Anies juga melaksanakan penaburan bunga di makam KH Muhammad Iskandar, ayahanda Cak Imin, dan makam KH Yusuf Kholil, ayahanda Gus Ipul. KH Muhammad Iskandar wafat pada tanggal 4 Desember 1991, sementara KH Yusuf Kholil meninggal pada tanggal 9 April 1997. Keduanya merupakan cucu menantu dari KH Bisri Syansuri.

Halaman Selanjutnya
img_title