Ingin Tahu Senjata Era Majapahit, Datang ke Pameran Keris di Kantor Golkar Jatim

Kantor DPD Golkar Jawa Timur
Sumber :
  • A Toriq A/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Masyarakat Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) Golkar Jawa Timur akan menggelar pameran keris di Kantor DPD Golkar Jatim. Pameran akan dilaksakan mulai dari Jumat 8 September hingga Minggu 10 September 2023.

MK Tolak Gugatan Pilpres, Gerindra dan Golkar Jatim Harap Semua Pihak Kembali Bersatu

Keris yang dipamerkanpun berjumlah ribuan dengan berbagai latar belakang sejarah pembuatannya. Keris yang dipajang mempunyai punya pamor luar biasa atau jenis yang langka. Seperti keris Nogo Siluman pembuatan era Mojopahit, sejenis dengan keris milik Pangeran Diponegoro. Juga koleksi keris yang biasa dipegang oleh raja-raja Bali yaitu keris Kalatinantang, serta tombak Wijaya Kusuma.

Deskripsi tentang keris yang dipamerkan nantinya turut dipajang agar pengunjung dapat membaca asal mula keris itu dibuat.

Tak Jadi ke Ikfina, Golkar Alihkan Dukungan ke Gus Barra di Pilbub Mojokerto

"Kita akan pamerkan berbagai hal terkait keris. Yang dibuat dari era yang berbeda. Ribuan keris milik kelektor keris se Indonesia ini akan menghadirkan keris keris buatan jaman Mojopahit, Pajajaran, Tuban, Mataram, Bali, Madura,  keris kamardikan atau yang dibuat setelah jaman kemerdekaan, yang jenisnya juga cukup variatif," Kata Ketua MKGR Jatim Kodrat Sunyoto, Selasa 5 September 2023.

Dirinya menambahkan bahwa gelaran pameran itu mengusung tema 'Gelar Budaya Keris Nusantara 2023'. Tentu sebagai upaya melestarikan keris sebagai budaya bangsa. Seluruh keris yang akan dipamerkan ini akan dikirab untuk mengikuti ritual yang biasanya dilakukan. 

Said Abdullah: Haqqul Yaqin Golkar tak akan Nekat Revisi UU MD3

Dalam acara ini masyarakat pemilik keris yang ingin kerisnya dimandikan juga bisa ikut dalam acara Jamasan.

"Ini adalah jati diri bangsa yang harus kita jaga sebagai warisan yang mendunia," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title