Basarnas Kerahkan Tim Bantu Cari ABK Kapal Mekar Jaya, 3 Nelayan Belum Ditemukan

Basarnas Surabaya
Sumber :
  • Viva Jatim/Nur Faishal

Banyuwangi, VIVA JatimKantor SAR Surabaya menejurkan satu tim operasi Pos SAR Banyuwangi untuk membantu upaya tim SAR gabungan dalam mencari lima orang nelayan ABK Kapal Mekar Jaya yang hilang di perairan pantai Grajagan, Kecamatan Purwoharjo, Kabupaten Banyuwangi, pada Rabu 6 September 2023.

Jaga Perairan Laut Gresik, Polsek Kawasan Patroli Gabungan Harkamtibmas

Adapun identitas kelima orang ABK Kapal Mekar Jaya tersebut, yaitu Wakik asal Jember, Tosok asal Wagot, Tolip asal Jawa Tengah, Dorik asal Taman Agung dan To asal Gumuk Rejo.

Berdasarkan informasi yang diperoleh tim dari personel Pos TNI AL Grajagan, lima orang ABK ini hilang setelah kapal Mekar Jaya (berjenis mini pursein) terhantam ombak besar saat berupaya masuk ke pelabuhan Grajagan, sekitar pukul 02.00 WIB.

Hadir saat Bakti Sosial Bareng TNI AL, Pj Gubernur Jatim: Perbaikan Infrastruktur Jadi Prioritas

Akibat hantaman ombak besar tersebut, kapal Mekar Jaya pun terbalik. Ada 27 orang ABK yang terjatuh ke laut. Sebanyak 20 orang berhasil menyelamatkan diri, 2 orang, Sukar (65) dan Marno (60) ditemukan dalam kondisi meninggal beberapa saat setelah kejadian.

Adapun data 20 orang yang berhasil selamat dari kejadian nahas tersebut, yaitu Parni, Aan, Wahit, Solikin, Paidek, Agus, Gunawan, Jiman, Sukar Bodong, Huda, Sujat, Sabar, Oblok, Supar, Mawi, Siong, Iksan, Tabah, Jaenal, dan Yoyok.

TNI AL Salurkan Ribuan Paket Bantuan Bagi Korban Gempa Bumi Tuban dan Bawean

Kepala Kantor SAR Surabaya, Muhamad Hariyadi mengatakan, segera setelah mendapatkan laporan kejadian terbaliknya kapal Mekar Jaya ini, sebagian personel Pos SAR Banyuwangi yang saat ini sedang melakukan pencarian satu ABK kapal Indo Jaya  yang hilang di perairan Selat Bali, dikerahkan untuk membantu pencarian di pantai Grajagan.

Tim Pos SAR Banyuwangi ini bergerak dengan dukungan sejumlah peralatan, diantaranya perahu karet, peralatan water rescue, APD, peralatan komunikasi dan medis, serta sejumlah peralatan pendukung lainnya.

Halaman Selanjutnya
img_title