Geopark Ijen Resmi Dikukuhkan sebagai UNESCO Global Geopark, Begini Kata Gubernur Khofifah

Ijen Indonesia
Sumber :
  • Viva Jatim/Nur Faishal

Surabaya, VIVA JatimGeopark Ijen Jawa Timur Indonesia secara resmi mengukuhkan sebagai UNESCO Global Geopark (UGGp) dalam konferensi internasional ke-10 UGGp yang dilaksanakan di Marrakech, Maroko, Sabtu 9 September 2023.

Khofifah Hadiri Resepsi Harlah PMII Ke-64 di Kediri, Ajak Mahasiswa Bangun Konsolidasi Programatik

Pengukuhan tersebut dilakukan dengan acara penyerahan sertifikat Geopark Ijen sebagai Global Geopark Network Institutional Member for period 2023-2026 yang diterima oleh perwakilan atas nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, yakni Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur Dr Hudiono didamping Kadis ESDM Provinsi Jawa Timur, Bupati Banyuwangi dan Bupati Bondowoso.

Gubernur Khofifah mengucapkan terima kasih kepada semua pihak atas diakuinya Geopark Ijen UGGp sebagai taman bumi dunia, terutama masyarakat Banyuwangi dan Bondowoso yang telah sudi menjaga kelestarian Ijen

Khofifah Dianugerahi Satylancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Satu-satunya untuk Gubernur

“Alhamdulillah, Geopark Ijen berhasil menjadi bagian dari UNESCO Global Geopark (UGGp). Terima kasih kepada semua pihak yang telah peduli dan menjaga kelestarian alam di Ijen. Capaian ini buah kerja keras mereka semua,” kata Gubernur Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senen, 11 September 2023.

"Dengan dikukuhkannya Geopak Ijen sebagai UNESCO Global Park, maka akan semakin membawa kekayaan alam Jatim mendunia. Kami optimis dengan pengukuhan ini wisatawan dari berbagai penjuru dunia akan berbondong-bondong datang ke Ijen," tambahnya.

Khofifah Optimis Putusan MK akan Menangkan Prabowo-Gibran

Gubernur Khofifah mengatakan bagi Jatim, Ijen merupakan salah satu kekayaan alam bagi masyarakat Jatim, bahkan Indonesia. Jadi, tidak hanya sekadar wisata.

Terletak di Provinsi Jawa Timur dan berada dalam dua wilayah kabupaten yakni Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Ijen UGGp memiliki international outstanding value berupa keberadaan Bluefire dan Danau Terasam di dunia. 

Halaman Selanjutnya
img_title