Ramai Video Azan Ganjar Pranowo, Menag Yaqut Bilang Itu Bukan Politik Identitas

Ramai Video Azan Ganjar Pranowo
Sumber :
  • Capture dari Snackvideo

Surabaya, VIVA Jatim- Video klip kumandang azan yang di dalamnya ada Ganjar Pranowo dan tayang di sebuah televisi swasta membuat publik heboh. Bahkan, ada kritik berseliweran dan menyebut ada politik identitas di video Ganjar tersebut.

Pemerintah Putuskan Idul Fitri 1445 H Rabu Besok, Ini Penjelasannya

Ditanya soal kritik potensi adanya politik identitas di video Ganjar itu, Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Yaqut justru bertanya balik.

Hal itu disampaikan Menag Yaqut seusai menghadiri acara Pembukaan Orientasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) di Surabaya, Rabu 13 September 2023.

Jelang Lebaran, Kemenag Cairkan Insentif Guru PAI Non ASN Per Orang Dapat Rp1,5 Juta

“Masa itu politik identitas? Definisinya gimana politik identitas?,” kata Menag Yaqut. 

Menurut Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor itu, polemik video Ganjar Pranowo di klip kumandang azan itu hanya soal sudut pandang. Ia lantas memberi contoh bila dirinya muncul sebagai bintang iklan produk air mineral.  

Menko PMK Dukung Menag Yaqut soal Aturan Suara Toa Masjid Tak Berisik selama Ramadan

“Kalau saya tiba-tiba tampil di iklan minuman air mineral, misalnya, masa kemudian saya diidentikkan dengan saya ini tukang jualan air? Kan, enggak,” ujar Gus Yaqut.

Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kritiyanto sebelumnya menegaskan bahwa tidak ada unsur politik identitas dalam tayangan video Ganjar di dalam klip kumandang azan tersebut. Di video tersebut justru mengandung ajakan kepada masyarakat untuk melaksanakan ibadah.

Halaman Selanjutnya
img_title