Dulu Kawasan Kumuh, Kini Desa di Gresik Ini Miliki Kapal 1 Miliar

Kapal Amazon Van Java milik desa di Gresik
Sumber :
  • Viva Jatim/Tofan Bram Kumara

Gresik, VIVA Jatim – Bertahun-tahun ditunggu, peluncuran perdana kapal The Minion Ferry Boat di Dermaga Minapolitan disambut dengan antusias warga dua Dusun di Desa Randuboto, Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik yang berada di tepi muara Bengawan Solo.

Pilu 2 Gadis ABG di Gresik 2 Tahun Dicabuli Ayah Tirinya

Kapal Fery yang di namai Amazon Van Java yang menghabiskan dana Rp.1 miliar ini bisa menampung mobil, motor dan kendaraan berat lainnya sebagai saranan transportasi agar warga bisa menikmati kendaraannya secara nyaman dari-ke dua Dusun.

Diketahui sebelumnya, warga dua Dusun yakni Dusun Tanjung dan Dusun Brang Wetan hanya bisa melewati atau terhubung dengan perahu kecil yang khusus ditumpangi orang saja, sementara untuk kendaraan tidak bisa di naikkan.

Desa Pangkahwetan Gresik Jadi Kampung Bandeng, Mampu Panen 20 Ton Perhari

Camat Sidayu Nuriyadi mengatakan, keberhasilan membuat atau menghadirkan kapal besar ini menjadi salah satu tantangan yang bisa terealisasi. Warga dua Dusun, Tanjung dan Brang Wetan di Desa Randuboto akhirnya bisa menikmati, terkoneksi langsung. 

"Untuk merubah tantangan dari Desa yang di pelosok, akhirnya bisa memiliki sebuah kapal yang besar. Semoga Randuboto bisa menjadi Balinya Sidayu. Ini hasil dari doa, pikiran dan tenaga semua warga," katanya, Kamis, 21 September 2023.

Tingkatkan Kesehatan Masyarakat, Pemkab Gresik Konsisten Bangun Pustu

Ia juga mengapresiasi Desa Randuboto, yang telah menata kawasan kumuh, di bidang pariwisata, perikanan sehingga menuju Randuboto menjadi Balinya Sidayu.

"Desa ini merupakan pusat pertumbuhan ekonomi, karena banyak aktifitas ekonomi di Sidayu dan kemudian menyebar di desa sekitanya," jelasnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title