Survei ARCI: Prabowo Justru makin Kuat di Jatim Pascadeklarasi AMIN

Pemaparan hasil survei ARCI di Jatim
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Lembaga survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) memaparkan hasil survei elektabilitas bakal calon presiden di Jawa Timur pada Pemilu 2024. Survei ini dilakukan pascadeklarasi Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) di Surabaya awal September 2023.

Zulhas Dukung Presidential Club Ala Prabowo: Demi Indonesia Emas 2045

Direktur ARCI Baihaki Sirajt menyebut elektabilitas Prabowo Subianto dalam simulasi 3 nama justru semakin menguat pasca deklarasi AMIN.

"Pada Juli 2023 lalu, saat PKB dan Cak Imin mendukung Prabowo angkanya 33,7%. Pasca deklarasi AMIN, elektabilitas Prabowo naik menjadi 39,33% dan menjadi bacapres dengan elektabilitas tertinggi di Jatim," kata Baihaki dalam keterangan tertulis yang diterima Viva Jatim, Jumat, 22 September 2023.

PDIP Cermati Peluang Anies-Ahok untuk Diusung di Pilkada Jakarta 2024

Dalam survei ARCI di Jatim periode September dalam simulasi 3 nama, elektabilitas Prabowo di angka 39,33%. Kemudian Ganjar Pranowo di angka 35,5%, dan Anies Baswedan 21,08%. Responden yang belum menentukan di angka 4,08%.

Baihaki menjelaskan beberapa hal yang menjadi faktor kenaikan angka elektabilitas Prabowo di Jatim.

Bertemu Cak Imin, Duet Mas Dhito-Mbak Dewi Lanjut di Pilbup Kediri 2024

"Kenaikan angka Prabowo, karena responden yang mengaku memilih PKB justru semakin mantap memilih Prabowo dibanding Anies," jelasnya.

"Dalam peta pemilih PKB, 40,2% mantap memilih Prabowo. 18,4% memilih Ganjar, dan 25,7% ke Anies. Sebanyak 15,7% pemilih PKB masih belum menentukan pilihan," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title