Gunung Budeg Tulungagung Empat Kali Dibakar Seseorang, Satwa dan Masyarakat Kena Dampaknya

Kebakaran kawasan Gunung Budeg
Sumber :
  • Dokumen Pokdarwis

Tulungagung, VIVA Jatim-Gunung Budeg yang berada di Tulungagung sengaja dibakar oleh seseorang, membuat puluhan hektare terbakar empat kali. Lokasi merembet hingga ke lereng dan hanya puluhan meter dari rumah warga.

Puskesmas Kutorejo Mojokerto Terbakar, Ruang Penyimpanan Obat Ludes

Ketua Pokdarwis Gunung Budheg, Agus Utomo mengungkapkan bahwa hingga saat ini gunung sudah kebakaran keempat kali terjadi kebakaran yang pertama dimulai dari ujung tenggara, kemudian ke barat, lalu kelereng utara. Selanjutnya sekarang ini di lereng barat.

"Jadi lereng utara-selatan barat ini ini sudah dibakar semua. Jarak antara hutan dengan rumah masyarakat itu tidak lebih dari 40 m. Rumah  kalau di lereng Barat ada sekitar 50 rumah," beber Agus Utomo, Senin, 25 September 2023.

Komitmen GISLI Tulungagung Bantu Program Pemerintah Jadi Poros Maritim Dunia

Kebakaran masuk Desa Tanggung Kecamatan Campurdarat Tulungagung. Kejadian pertama, api melahap di wilayah tenggara tiga minggu yang lalu. Kemudian, menurut Agus kawasan hutan dibakar lagi satu minggu setelahnya dibakar lagi.

"Lalu Rabu kemarin sehari dua titik di lereng utara dan di lereng selatan api bisa dipadamkan. Ini tadi di lereng barat," ungkapnya.

Gudang Penyimpanan Beras Milik Kades Ludes Terbakar, Api Berasal dari Mesin Giling

Pria yang juga PNS Polri/Perawat ini mengaku total kawasan hutan yang terbakar sekitar ada 20 hektar. Keseluruhan yang terbakar merupakan kawasan hutan lindung konservasi dari kuas hutan lindung 44 hektar. 

"Kalau yang keempat ini tadi ada sekitar 7 hektare," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title