Populasi Landak hingga Elang di Gunung Budeg Tulungagung Terancam Akibat Karhutla

Kebakaran hutan yang sengaja di bakar di Gunung Budeg Tulungagung
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Tulungagung, VIVA JatimGunung Budeg yang berada di Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung sengaja dibakar oleh oknum yang tidak bertanggung jawab sebanyak empat kali. Imbas dari kebakaran tersebut membuat penghuni satwa terancam mati mulai dari elang hingga landak.

Kecelakaan Maut di Tulungagung, Pemotor Tewas Tabrak Truk saat Dini Hari

Ketua Pokdarwis Gunung Budeg, Agus Utomo mengungkapkan ini kali keempat lahan sengaja dibakar oleh segelintir oknum. Kejadian pertama pada bulan Agustus 2023 lalu dengan lokasi yang berbeda. Banyak hewan yang penghuni hutan terancam mati.

"Satwa-satwa yang langka yang harus diselamatkan seperti burung elang, landak, trenggiling dan sebagainya," ungkap Agus Utomo saat dihubungi, Selasa, 26 September 2023.

Pelajar yang Tenggelam di Sungai Kedung Muko Berhasil Ditemukan Usai Disedot 12 Unit Pompa Air

Selain itu, Agus menjelaskan ada satwa kera yang berkeliaran, termasuk yang paling  banyak adalah hewan landak. Dengan dibakar, menurutnya pelaku akan dengan mudah menangkap hewan tersebut. Lalu juga ada musang dan hewan yang dilindungi lainnya.

"Bahkan ada Elang Jawa di sana. Tebing yang terbakar itu rumahnya Elang Jawa," terangnya.

Pelihara Satwa Dilindungi, 2 Buaya dan 1 Landak Jawa Disita Polres Tulungagung

Ia mengaku, luas lahan hutan lindung yang terbakar masuk dalam Gunung Budeg total keseluruhan ada 40an hektare. 

Sementara, untuk yang kebakaran keempat ada sekitar 7 sampai 10 hektare. Jika di jumlah selama empat kali ada kurang lebih 20an hektare yang terbakar.

Halaman Selanjutnya
img_title