Gunung Orak-arik Trenggalek Terbakar, Lahan Seluas 1 Hektare Hangus

Pemadaman api oleh petugas gabungan
Sumber :
  • Ma

Trenggalek, VIVA JatimKebakaran hutan kembali terjadi di Trenggalek, tepatnya di kawasan milik perhutani petak 114 A RT/RW 24/5 Dusun Jarakan, Desa Karangsoko Kec/Kab Trenggalek. Masyarakat sekitar sering menyebut Gunung Orak-arik tersebut terbakar seluas 1 hektare.

Kemensos Beri 60 Titik Instalasi Air Bersih di Trenggalek, Novita: Pemantik Masyarakat Hidup Sehat

Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Trenggalek, Stefanus Triadi Atmono mengungkapkan bahwa kebakaran hutan milik Perhutani Petak 114 A masuk dalam kawasan masuk RPH Gandusari, BKPH Karangan, KPH Kediri.

"Luas lahan yang terbakar kurang lebih 1 hektare dengan jenis tanaman vegetasi berupa Akasia dan Sengon Buto," ungkap Triadi Atmono melalui keterangan resminya, Jum'at, 29 September 2023.

Dirjen Perkebunan Dorong Luas Tanam di Trenggalek

Menurut Triadai, kronologi kejadian terjadi pada hari Kamis, 28 September 2023 sekitar pukul 15.00 WIB. Kebakaran diketahui oleh warga sekitar yang melihat adanya titik api dari tanah hak milik, lalu menjalar ke hutan milik perhutani.

Melihat kejadian tersebut, lantas warga bahu membahu untuk memadamkan api yang juga merembet ke perkebunan warga menggunakan alat seadanya. Pukul 16.30 WIB, api yang sebelumnya melahap perkebunan warga telah berhasil dipadamkan.

Mas Ipin di Festival Pengendalian Lingkungan KLHK: Ekologi-Ekonomi Beriringan

"Setelah maghrib warga menghubungi Damkar Trenggalek dan selanjutnya melakukan pemadaman api yang masuk ke Hutan milik perhutani," terangnya.

Triadi menjelaskan Mobil Damkar 1 unit tiba pukul 18.30 WIB. Petugas Damka dibantu oleh gabungan Instansi, Perhutani, Tiga Pilar Desa Karangsoko serta relawan dengan membuat sekat bakar atau ilaran, penyemprotan air serta menggunakan ranting daun untuk mematian api lewat gepyok.

Halaman Selanjutnya
img_title