Hari Kesaktian Pancasila, Gubernur Khofifah Ingatkan Kunci Wujudkan Indonesia Emas 2045

Khofifah Indar Parawansa
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebut peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 bukan hanya sekedar momen untuk bangkit, melainkan juga penguatan terhadap upaya terwujudnya cita-cita Indonesia Emas 2045 yang berdaulat, maju, adil dan makmur. 

Khofifah Dianugerahi Satylancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Satu-satunya untuk Gubernur

Menurut Khofifah, upaya mewujudkan cita-cita itu bisa dimulai dari sekarang dengan meneladani nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila. Hal ini karena Pancasila merupakan paket lengkap untuk melawan berbagai ancaman yang dapat merusak kesatuan dan memperlambat kemajuan suatu bangsa. 

"Hari Kesaktian Pancasila sekali lagi mengingatkan kita bahwa Pancasila merupakan pemersatu bangsa,” ujar Gubernur Khofifah usai menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu pagi, 1 Oktober 2023.

Khofifah Optimis Putusan MK akan Menangkan Prabowo-Gibran

“Pancasila hadir sebagai kekuatan untuk melawan berbagai ancaman terhadap keutuhan dan persatuan bangsa. Tanpa keutuhan dan persatuan itu, tentu cita-cita Indonesia Emas 2045 tidak akan bisa tercapai," imbuhnya.

Khofifah mengatakan, berbagai upaya terus dilakukan untuk menjadikan Jatim tetap harmoni dalam kerukunan. Hasilnya, saat ini, Jawa Timur telah mencapai Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) sebesar 77,8 persen pada tahun 2021. Capaian tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan Indeks KUB secara nasional yaitu 72,9 persen.

Ribuan Milenial Gelar Aksi Damai di Gedung MK Besok, Kawal 96,2 Juta Suara Prabowo-Gibran

Ia mengingatkan bahwa tantangan untuk menuju Indonesia Emas 2045 tidaklah mudah. Untuk itu, diperlukan kerja keras dan kesungguhan hati, bukan hanya dari pemerintah, tetapi juga seluruh masyarakat, untuk memahami serta mengamalkan nilai-nilai Pancasila. 

Selain mampu melewati Pandemi Covid-19, ekonomi Jawa Timur terus mengalami pertumbuhan. Tercatat pada Triwulan II-2023 terhadap Triwulan I-2023 ekonomi Jatim mengalami pertumbuhan sebesar 2,66 persen (q-to-q). 

Halaman Selanjutnya
img_title