Ratusan Warga Sumberagung Blitar Tuntut Perbaikan Jalan Gegara Tambang Pasir

Warga Sumberagung Blitar Tuntut Perbaikan Jalan
Sumber :
  • Madchan Jazuli/ Viva Jatim

Blitar, VIVA Jatim-Tiga ratusan warga di 3 RW Desa Sumberagung Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar turun aksi ke jalan menuntut perbaikan jalan.

Kesal Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Lamongan Tanam Pisang di Jalan Rusak

Pasalnya sudah bertahun-tahun warga terdampak jalan rusak, debu, hingga kebisingan lalu lalang truk kendaraan 24 jam.

Koordinator Aksi, Agus Ansori (53) mengungkapkan bahwa jalan rusak seperti ini lantaran terkena beban tonase berlebihan. Warga akhirnya terkena debu yang mengganggu kesehatan setiap hari. Setelah itu ada kebisingan lalu lintas kendaraan (tambang) 24 jam.

Patut Ditiru, Program CSR Perusahaan Properti Ini Berupa Perbaikan Jalan di Sumenep

"Sekitar 300-400 truk yang lalu-lalang setiap hari malam 24jam. Tuntutan warga ya tidak usah lewat jalan sini. Tadi ada warga yang begini boleh lewat sini jika diperbaiki dahulu dengan dicor sesuai dengan tonase truk," ungkap Agus Ansori saat dikonfirmasi, Minggu, 8 Oktober 2023.

Disinggung aksi lanjutan, pria yang sibuk mengajar ini menuturkan tidak ada aksi lanjutan dan tidak tenggang waktu. Sebab, warga menuntut untuk tidak usah lewat jalan desa, kecuali jalan dicor terlebih dahulu.

Anggaran Rp 60 Miliar Lebih Digelontorkan untuk Perbaiki Jalan Rusak di Trenggalek

Jika tetap memaksa lewat, pihaknya tidak menghentikan aktivitas tambang, dan tetap membiarkan tambang terus beroperasi. Namun silahkan lewat jalan lain, sebab hanya mengamankan jalan desa.

"Kami tidak ada kami itu mengutik-utik tambang. Silahkan tambang mau beroperasi sampai kapanpun silahkan, itu kan ada izinnya. Tidak tahu resmi atau tidak. Kan pasti ada yang mengizinkan," terangnya.

Halaman Selanjutnya
img_title