Gubernur Khofifah Ziarah ke Makam Gubernur Soerjo Jelang Hari Jadi ke-78 Jawa Timur

Gubernur Khofifah Pimpin Ziarah ke Makam Gubernur Soerjo
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Magetan, VIVA JatimGubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan tradisi Ziarah ke makam Gubernur Pertama Jawa Timur yaitu Raden Mas Tumenggung (RMT) Ario Soerjo atau yang akrab disapa Gubernur Soerjo. Kegiatan itu dalam rangka menjelang peringatan Hari Jadi Ke-78 Provinsi Jawa Timur.

Respons Mas Dhito Masuk Bursa Cawagub dari PDIP Pendamping Khofifah

Bersama Sekdaprov Jatim, dan para Kepala OPD Pemprov Jatim, Gubernur Khofifah memimpin langsung ziarah ke makam Gubernur Soerjo yang terletak di Jl. Salak, Kabupaten Magetan, Selasa 10 Oktober 2023.

Sebagaimana diketahui, Gubernur Soerjo menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur pada periode tahun 1945-1948. Sebelumnya, beliau  juga pernah menjabat sebagai Bupati Magetan dari tahun 1938 hingga tahun 1943. Selain itu, beliau juga merupakan Pahlawan Nasional. 

Khofifah Belum Lirik PKB Maju di Pilgub Jatim, Cak Imin: Kalau Daftar Kita Sambut

Setibanya di kompleks makam sekitar pukul 08.30 WIB pagi, Gubernur Khofifah disambut Pj. Bupati Magetan dan Ketua DPRD Kabupaten Magetan, serta Forkopimda Kab. Magetan dan jajaran OPD Kab. Magetan. Tampak turut mengikuti ziarah yaitu keluarga besar almarhum Gubernur Soerjo.

Upacara ziarah tersebut berlangsung tertib dan khidmat dengan diawali pembacaan singkat perjuangan selama kepemimpinan Gubernur Soerjo. Selanjutnya, Gubernur Khofifah yang bertindak sebagai pimpinan ziarah memimpin prosesi penghormatan, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga, dan tabur bunga di makam Pahlawan Nasional ini.

Lantik 23 PPIH Embarkasi Surabaya, Pj Gubernur Adhy: Komitmen Maksimalkan pelayanan

Usai mengikuti seluruh rangkaian acara, Gubernur Khofifah mengatakan, upacara ziarah ini merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi ke-78 Provinsi Jawa Timur yang jatuh pada 12 Oktober mendatang.

Namun demikian, ia menegaskan ziarah ke makam RMT Ario Soerjo bukan hanya sebuah tradisi tapi merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa pendahulu bangsa, khususnya yang ada di Jawa Timur. Ini penting, karena menurutnya, bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai dan menghormati para pahlawan bangsa.

Halaman Selanjutnya
img_title