Fraksi PKB Jatim Berikan Tiga Rekomendasi Atasi Bencana Alam

Anggota Fraksi PKB, Umi Zahrok
Sumber :
  • Viva Jatim/A Toriq A

Surabaya, VIVA Jatim – Fraksi PKB DPRD Jawa Timur terus memberikan perhatian bencana alam khususnya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang saat ini rawan terjadi di tengah musim kemarau

PMII Jatim Nilai Rekonsiliasi Prabowo dan Cak Imin Wujud Sifat Negarawan Sejati

Anggota Fraksi PKB, Umi Zahrok mengatakan, fenomena elnino ini memang harus menjadi pelajaran agar pemerintah ke depannya dapat meminimalisir potensi terjadinya kebakaran dan kekeringan. 

Hingga Agustus BPBD Jatim mencatat sudah ada 500 Hektar lebih lahan di 14 kabupaten/kota se Jatim yang terjadi kebakaran. Terbaru kebakaran terjadi di kawasan hutan dan lahan di Gunung Lawu. Luasnyaa pun mencapai 2.000 hektar lebih.

Mendaftar ke PKB dan PDIP, Bunda Fitri Siap Maju di Pilkada Sumenep

Berbagai langkah pun dilakukan pemerintah dalam mengatasi bencana tersebut. Mulai dari pemadaman manual hingga melalui udara dengan water bombing. 

Oleh karenanya, sambung Umi Zahrok, Fraksi PKB setidaknya memberikan tiga rekomendasi terkait masalah kebakaran dari titik pencegahan hingga penangannya.

AHY Ingatkan Hal Ini ke Prabowo Usai Bertemu Cak Imin Ketum PKB

Yang pertama dari segi pengantisipasian, ia meminta masyarakat agar tidak gampang bermain api di daerah kekeringan, sehingga menimbulkan kecerobohan dan dapat terjadinya kebakaran. Meskipun pembakaran tersebut untuk penyemaian, seperti membakar jerami hasil panen di sawah atau membakar sisa pohon tebu, di ladang luas. 

"Itu berpotensi merambah kepada lahan yang lain nantinya. Ini membahayakan dan ini memang sering terjadi karena kelalaian kita," kata Umi Zahrok saat dikonfirmasi, Rabu 11 Oktober 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title