Lereng Gunung Penangungan Mojokerto Terbakar, 85 Petugas Diterjunkan

Lereng Gunung Penangungan Mojokerto Terbakar
Sumber :
  • Lutfi/Viva Jatim

Mojokerto, VIVA JATIM - Lahan di lereng Gunung Penanggungan Mojokerto terbakar dan menghanguskan sekitar 8 hektare lahan. Sebanyak 85 petugas gabungan diterjunkan memadamkan api. 

Gudang Penyimpanan Beras Milik Kades Ludes Terbakar, Api Berasal dari Mesin Giling

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mojokerto Abdul Khakim mengatakan, kebakaran tersebut kali pertama dilaporkan terjadi pada Selasa, 17 Oktober 2023 sekitar pukul 14.00 WIB. Api menghanguskan vegetasi di petak 18B RPH Trawas BKPH Penanggungan KPH Pasuruan. 

Lokasi tersebut masuk dalam wilayah administratif pemerintahan Desa Kedungudi, Kecamatan Trawas, Kabupaten Mojokerto.

Longsor Ancam 8 Rumah di Mojokerto, Polisi Turun Tangan Bantu Warga

"Sekitar Pukul 14.04 WIB saat Patroli bersama, KRPH Trawas dari kejauhan melihat kepulan asap di lereng gunung Penanggungan. Yang terbakar tanaman perdu dan semak belukar dengan luas area yang terdampak kurang lebih 8 hektare," ungkapnya. 

Mendapat informasi itu, , tim gabungan segera diturunkan untuk memadamkan api. Api dipadamkan oleh petugas perhutani, kepolisian, TNI, LMDH, Satpol PO, dan SAR Penangungan. 

Bus Pahala Kencana Hangus Terbakar di Tol Jombang-Mojokerto

"Sebanyak 85 personil menuju ke lokasi titik api," katanya. 

Pemadaman dilakukan secara manual. Yakni dengan menggunakan kebyok atau ranting pohon serta sabi untuk menyekat api agar tak menjalar. Hingga larut malam, api belum bisa dipadamkan. Petugas masih berjibaku memadamkan api. 

Halaman Selanjutnya
img_title