Jokowi Lakukan Pertemuan dengan Presiden Sri Langka, Bicara Impor Minyak Sawit

Buruh Sawit
Sumber :
  • Viva

China, VIVA JatimPertemuan bilateral dengan Presiden Republik Sosialis Demokratik Sri Lanka, Ranil Wickremesinghe dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di China World Hotel, Beijing, Republik Rakyat Tiongkok (RRT) pada Selasa, 17 Oktober 2023. 

Soal Puncak Peringatan Otoda XXVIII, Istana Tegaskan Jokowi tak Ada Jadwal di Surabaya

Dalam pertemuan tersebut, kedua negara membahas peningkatan kerja sama di berbagai bidang.

Makanya, Jokowi berharap dukungan Sri Lanka untuk dapat mencabut kebijakan larangan impor minyak sawit. Karena, minyak sawit merupakan komoditas unggulan Indonesia yang diproduksi dengan memperhatikan standar lingkungan.

Presiden Jokowi bakal Hadiri Puncak Peringatan Otda di Surabaya

“Saya usul kita bentuk mekanisme khusus untuk membuka kembali akses pasar minyak sawit Indonesia di Sri Lanka,” kata Jokowi dikutip Rabu, 18 Oktober 2023.

Di bidang ekonomi, Jokowi menyambut baik keinginan Sri Lanka untuk membentuk perjanjian perdagangan preferensi atau preferential trade agreement dengan Indonesia. Berdasarkan data, volume perdagangan Indonesia-Sri Lanka turun 27,5 persen tahun 2022. 

Momen Akrab, Prabowo dan Para Menteri Buka Bersama Ramadan 2024 bersama Joko Widodo

“Sehingga, dibutuhkan upaya bersama untuk meningkatkan nilai perdagangan kedua negara. Untuk itu, saya menyambut baik keinginan Sri Lanka membentuk preferential trade agreement dengan Indonesia,” ujarnya. 

Kemudian, Jokowi menyebut beberapa BUMN Indonesia sudah menjajaki kerja sama konkret dengan Sri Lanka. Makanya, Jokowi berharap Presiden Wickremesinghe dapat mendukung kerja sama tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title