Respon Positif PAN Jatim terkait Keputusan MK: Jadi Momentum Afirmasi Politik Anak Muda

Ketua PAN Jatim, Ahmad Rizki Sadig
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengabulkan sebagian permohonan uji materi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu mengenai batas usia capres dan cawapres diubah menjadi berusia 40 tahun atau pernah berpengalaman sebagai kepala daerah mendapat respon positif dari PAN Jawa Timur.

Sama-sama Maju Pilkada, Bupati dan Wakil Bupati Lamongan Berebut Rekom PDIP

"Tentu kami menghormati putusan MK sebagai positive legislator yang memiliki kewenangan untuk membuat norma. Dan, keputusan ini adalah hal positif bagi peningkatan kualitas demokrasi kita, karena politik Indonesia hari ini bergerak pada pemilih muda, jadi sangat kontekstual," tandas Ketua DPW PAN Jawa Timur, Ahmad Rizki Sadig, Rabu 18 Oktober 2023. 

Menurut Rizki, PAN Jatim tetap Istiqomah memperjuangkan hak konstitusi dan kepentingan politik anak muda agar memiliki kesempatan yang luas untuk berkiprah dalam kepemimpinan politik. 

MK Bakal Sidangkan 297 Perkara PHPU Pileg 2024

"Putusan MK ini musti dibaca sebagai afirmasi politik bagi masa depan kepemimpinan anak-anak muda Indonesia, " ujar Rizki.

Soal nama Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka, yang memantik polemik terkait keputusan MK ini, Rizki berpendapat bahwa ini adalah bagian dari konstelasi politik yang berkembang dari sekian nama anak-anak muda yang berpengalaman menjadi kepala daerah berprestasi, dan menjadi sorotan media.

Gerindra Berharap Usai Putusan MK Kondisi Ekonomi Bangsa Membaik

"Yang juga harus dicermati, selain Mas Gibran, dengan Keptusan MK ini ada beberapa kepala daerah berusia muda yang juga punya potensi turut berkiprah dalam kontestasi dalam capres dan cawapres," ujar Rizki Sadig.

Rizki menuturkan jika ia baru saja bertemu dengan Hanindhito Himawan Pramana, Bupati Kediri yang baru berusia 31 tahun, namun jejak keberhasilannya sudah banyak dirasakan oleh masyarakat di Kediri.

Halaman Selanjutnya
img_title