Di Jawa Timur, Elektabilitas Mahfud MD Ungguli Cak Imin sebagai Tokoh yang Disukai Warga NU

Pemaparan hasil survei opini publik Jawa Timur
Sumber :
  • Viva

Malang, VIVA Jatim – Menurut hasil survei opini publik Jawa Timur oleh Pusat Studi Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Malang, elektabilitas Mahfud MD menempati posisi teratas sebagai tokoh yang disukai warga NU di Jawa Timur.

Bertemu Cak Imin, Duet Mas Dhito-Mbak Dewi Lanjut di Pilbup Kediri 2024

Oleh sebab itu, keputusan PDIP memilih Mahfud MD sebagai bakal calon wakil presiden pendamping Ganjar Pranowo merupakan keputusan tepat. Selama ini, ia juga dikenal sebagai tokoh NU. 

Diantara tokoh lainnya di Jawa Timur, nama Mahfud MD lebih unggul, seperti Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Ketua PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin. Diketahui, ketiganya merupakan warga NU dan berasal dari Jawa Timur.

5 Pendaftar Cabup-Cawabup Gresik Temui Cak Imin di Surabaya, Rebutan Rekom PKB?

"Pak Mahfud MD berada di posisi lebih unggul daripada Cak Imin. Dari hasil survei ini Cak Imin untuk mampu menyetarai Mahfud MD dia harus melewati Khofifah dulu. Artinya, di Jawa Timur, jika diurutkan ada nama Mahfud MD, Khofifah, baru Cak Imin," kata pengamat politik UMM, Ruli Inayah Ramadhoan, dalam pemaparan hasil surveinya di Malang, Rabu, 18 Oktober 2023.

Pusat Studi Ilmu Politik UMM sebelumnya melakukan survei di Jawa Timur pada September 2023 dengan responden sebanyak seribu orang. Dari hasil survei ini ada kenaikan elektabilitas bagi Cak Imin dari 5,8 persen pada Juli 2023 menjadi 10,9 persen pada September 2023.

Momen Bersejarah, Pesantren Pertama NU Diresmikan di Jepang oleh Dubes RI

Walaupun ada kenaikan, elektabilitas Cak Imin masih jauh di bawah Mahfud MD. Cak Imin berada di urutan ke-5 di bawah Mahfud MD dengan 19,4 persen, Khofifah Indar Parawansa 14,5 persen, Ridwan Kamil 11,1 persen, dan Sandiaga Uno 10,9 persen.

Ada lagi beberapa nama yang juga muncul dalam survei cawapres. Secara berurutan ada nama Erick Thohir dengan 10 persen, Agus Harimurti Yudhoyono 6 persen, Yenny Wahid 4,5 persen, dan Gibran Rakabuming 4,2 persen.

Halaman Selanjutnya
img_title