Hari Santri Nasional 2023, Ribuan Mangrove Hijaukan Bibir Pantai Surabaya

Ribuan mangrove hijaukan bibir pantai surabaya di momen HSN
Sumber :
  • Viva Jatim/Mokhamad Dofir

Surabaya, VIVA Jatim – 2.200 batang bibit mangrove ditanam di bibir Pantai Romokalisari, Surabaya. Penanaman ribuan tanaman bakau tersebut bagian dari kegiatan menyambut puncak peringatan Hari Santri Nasional 2023.

Dukung Kelestarian Lingkungan, Petrokimia Gresik Tanam Ribuan Pohon

Selain menanam ribuan mangrove, perwakilan dari Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Surabaya serta PCNU Gresik juga mengadakan kegiatan bersih-bersih pantai dibantu oleh nelayan setempat.

Perwakilan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Widodo mengungkapkan kegiatan penanaman mangrove dan bersih-bersih di Pantai Romokalisari Surabaya merupakan wujud implementasi dari makna jihad yang dipakai sebagai tema Hari Santri Nasional 2023. Yakni Jihad Santri Jayakan Negeri.

Respon PBNU soal Pendeta Gilbert yang Olok-olok Salat dan Zakat

Ia berkata, perjuangan santri bisa dikerjakan di setiap lini kehidupan bernegara. Salah satu berupa kepedulian terhadap lingkungan. 

"Jadi, Ini memang tepat Jihad Santri Jayakan Negeri, karena selama ini jihad selalu dimaknai dengan perang, dimaknai pertumpahan darah. Kalau lihat di sini, jihad santri jayakan negeri, ini tidak dimaknai sebagai pertumpahan darah atau perang. Jadi, jihad santri ya di setiap lini kehidupan bernegara," ungkap Widodo, Jumat 20 Oktober 2023.

Berangkat Melaut Sendirian, Nelayan di Tuban Hilang Saat Cari Ikan

Selaras dengan itu, Direktur Pariwisata dan Pameran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Masruroh juga turut mengapresiasi atas inisiasi warga Nahdiyin dengan menanam ribuan bibit mangrove dan bersih-bersih pantai.

Menurut dia upaya tersebut dapat menunjang ikhtiar Surabaya yang dicanangkan sebagai kawasan wisata dan pengembangan potensi baru. 

Halaman Selanjutnya
img_title