Pemprov Jatim 5 Tahun Berturut-turut Raih Penghargaan Pembina Proklim Terbaik

Pemprov Jatim menerima penghargaan
Sumber :
  • Pemprov Jatim

Surabaya, VIVA JatimPemerintah Provinsi Jawa Timur (Jatim) menerima penghargaan Pembina Program Kampung Iklim (Proklim) Terbaik Tingkat Provinsi secara nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI pada Selasa 24 Oktober 2023.

Mas Ipin di Festival Pengendalian Lingkungan KLHK: Ekologi-Ekonomi Beriringan

Penghargaan yang dipertahankan Pemprov Jatim selama 5 tahun berturut-turut kali ini diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jatim Jempin Marbun yang mewakili Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Ruang Auditorium Dr. Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti, Senayan Jakarta.

Kementerian LHK memberikan apresiasi berupa penghargaan ini dikarenakan Provinsi Jawa Timur memenuhi kriteria antara lain adanya dukungan kebijakan / regulasi pengembangan Proklim, konsistensi pembinaan Proklim, alokasi anggaran untuk pengembangan Proklim. Selain itu, pembangunan jaringan kolaborasi baik dengan OPD, dunia usaha dunia industri, dunia pendidikan, maupun organisasi non pemerintah lainnya.

Dukung Indonesia Bebas Sampah 2025, Ini Aksi MR DIY di Surabaya

Provinsi Jatim juga paling banyak kelurahan dan desa yang mendapatkan penghargaan proklim secara nasional dengan total 200 lokasi di desa/kelurahan.

Lebih detailnya, Kategori Lestari sebanyak 5 lokasi di desa/kelurahan, Kategori Trophy Utama sebanyak 7 lokasi di desa/kelurahan, Kategori Sertifikat Proklim Utama sebanyak 114 lokasi di desa/kelurahan, Kategori Sertifikat Proklim Madya sebanyak 48 lokasi di desa/kelurahan dan Kategori Proklim Pratama sebanyak 26 lokasi di desa/kelurahan.

Pemkab Tulungagung Akan Buka Lowongan untuk 596 Formasi ASN Tahun 2024

Atas diterimanya penghargaan ini, Gubernur Khofifah menyampaikan rasa terima kasihnya serta apresiasi kepada seluruh pihak yang berperan aktif mewujudkan proklim di wilayahnya. 

“Terima kasih atas seluruh upaya dan kerja kerasnya dari seluruh elemen masyarakat untuk mewujudkan proklim di wilayah masing-masing,” ucapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title