Lagi Santer Isu Beras Plastik, Badan Pangan Nasional Pastikan itu Hoaks

Suasana pendistribusian beras.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Jakarta, VIVA Jatim – Belakangan ini publik dihebohkan dengan isu santer terkait beras sintetis atau berasi plastik. Menyikapi hal itu, Badan Pangan Nasional (Bapanas) memastikan bahwa beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP), kabar itu hoaks setelah dilakukan uji coba di laboratorium.

Warga Serbu Bazar Pangan Murah di Halaman Kejari Tulungagung

Dikutip dari VIVA, Jumat, 27 Oktober 2023, Deputi Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan NFA Andriko Noto Susanto mengatakan, Bapanas selaku Otoritas Kompeten Keamanan Pangan (OKKP) melakukan pengambilan sampel dan diuji di laboratorium penguji pangan yang terakreditasi.

Dugaan awal terkait pemberitaan di Kota Binjai, Sumatera Utara beberapa waktu lalu yang menyebutkan bahwa salah seorang warga mendapati nasi hasil penanakan beras SPHP membal seperti bola plastik.

Bagaimana Syarat Zakat Fitrah ? Ini Penjelasan Ustadz Adi Hidayat

"Jadi berdasarkan koordinasi bersama dinas pangan daerah, OKKPD, dan satgas pangan hasil pengujian di laboratorium pangan terakreditasi menunjukkan bahwa beras yang diduga beras sintetis atau beras plastik tersebut hoaks,” kata Andiko dalam keterangannya Kamis, 26 Oktober 2023.

“Sehingga kami bisa memastikan bahwa beras SPHP yang beredar di masyarakat itu aman dan tidak berdampak pada kesehatan," tambahnya.

Harga Pangan Terus Melonjak, Ketua Kadin Surabaya Himbau Pengusaha Pqeduli Kebutuhan Masyarakat

Andriko menuturkan, pengujian sampel beras yang diduga beras plastik mencakup pengujian profil plastik yang dikandung dalam beras SPHP tersebut. Serta menerapkan pengujian dalam empat parameter, yaitu uji fisika, uji kimia, profil plastik, dan plasticizer.

"Berdasarkan keempat parameter pengujian tersebut, baik sampel beras asal Kota Bukittinggi maupun sampel beras SPHP asal Kota Binjai disimpulkan negatif plastik. Kedua sampel beras secara fisika hancur, tidak meleleh, dan tidak terapung. Secara kimia positif mengandung pati dan keduanya negatif profil plastik maupun plasticizer," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title