33 Persen Pemilih Muda di Jawa Timur Menolak Politik Dinasti

Hasil Survei PUSAD
Sumber :
  • Viva Jatim/Mokhamad Dofir

Surabaya, VIVA Jatim – Istilah dinasti politik mencuat belakangan setelah putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka resmi mendampingi Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Lalu seberapa jauh respon para pemilih muda menanggapi isu ini?

Soal Puncak Peringatan Otoda XXVIII, Istana Tegaskan Jokowi tak Ada Jadwal di Surabaya

Ternyata, 33 persen anak muda di Jawa Timur tidak percaya kepada politikus yang terkait dengan politik dinasti. Sisanya, 26 persen justru percaya dan 41 persen menyatakan tidak peduli.

Hal tersebut berdasar hasil survei yang dilakukan oleh Pusat Studi Anti Korupsi dan Demokrasi Universitas Muhammadiyah (PUSAD UM) Surabaya.

Presiden Jokowi bakal Hadiri Puncak Peringatan Otda di Surabaya

Survei dilakukan sejak tanggal 14 sampai 22 Oktober 2023 terhadap 1075 responden berusia 17 sampai 40 tahun tersebar merata di 38 Kabupaten Kota se-Jawa Timur. Kemudian masing-masing kabupaten kota diambil 4 sampai 5 kecamatan untuk dijadikan sample penelitian.

Sampel tiap kecamatan dibagi secara proporsional berdasarkan jumlah pemilih di tiap kecamatan dan kelurahan yang dijadikan lokasi penelitian. Jajak pendapat ditempuh dengan wawancara melalui telepon.

Momen Akrab, Prabowo dan Para Menteri Buka Bersama Ramadan 2024 bersama Joko Widodo

Peneliti Utama Radius Setiyawan mengatakan, politik dinasti dalam konteks demokrasi menarik untuk menjadi pembahasan. Ia menjelaskan, Politik dinasti dipahami sebagai proses reorganisasi kekuasaan melalui perubahan model politik baru dengan pelembagaan kekuatan pemilik modal, yang memperlihatkan oligarki kekuasaan dan berpengaruh dalam struktur sosial dan negara dalam demokrasi Indonesia.

Menurutnya, dari hasil survei yang dirilis oleh PUSAD UM Surabaya menjadi hal penting mengingat demografi pemilih di Jawa Timur menjelang Pemilu 2024 didominasi pemilih produktif berusia 17-40 tahun atau kelompok pemilih generasi Z dan generasi millenial.

Halaman Selanjutnya
img_title