Mensos Risma Bangun Sumur Bor di Jombang Demi Atasi Kekeringan

Mensos Tri Rismaharini kunjungi Tondowesi, Desa Klitih, Jombang
Sumber :
  • Viva.co.id

Jombang, VIVA JatimKekeringan yang terjadi akibat kemarau panjang tengah melanda sejumlah daerah di Jawa Timur. Kebutuhan akan air bersih mulai menjadi masalah mendasar yang dialami masyarakat. 

PMII Jatim Serukan Inisiatif Perdamaian Global di Momen Harlah ke-64

Prihatin dengan kondisi tersebut, Menteri Sosial, Tri Rismaharini membangun sumur bor untuk mengatasi kekeringan di Dusun Tondowesi, Desa Klitih, Kecamatan Plandaan Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Rencana pembangunan sumur bor untuk mengatasi kebutuhan air bersih warga itu muncul usai Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini berkunjung secara langsung ke daerah terdampak kekeringan, pada Minggu, 29 Oktober 2023.

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

"Saya pertama mendapatkan berita ini (kekeringan) dari media, terus saya minta cek mbak Estu, ternyata itu (terdampak kekeringan) benar," kata Risma, dikutip dari VIVA, Senin, 30 Oktober 2023.

Setelah ada di lokasi, Risma mengecek keberadaan sumber air di Dusun Tondowesi, Desa Klitih. Dari pengecekan itu, ternyata sumber air tersebut sangat buruk kualitasnya.

STY Terusik dengan Hal Ini saat Indonesia Menang atas Korea Selatan

"Karena sumber yang tadi itu ternyata kita cek kualitasnya, jelek. Dan itu bahaya sekali," ujar Risma.

Risma menyebutkan, adanya kandungan kapur dan garam pada sumber tersebut, membuat air yang dihasilkan nanti akan mempengaruhi kesehatan penduduk setempat.

Halaman Selanjutnya
img_title