Ketahui 5 Makanan Penyebab Kolesterol Tinggi yang Pantang Dikonsumsi

Ilustrasi Kolesterol
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA JatimMasalah kesehatan serius salah satunya kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Salah satu cara penting untuk mengendalikan kolesterol adalah dengan mengatur pola makan

Mau Awet Muda seperti Ade Rai? Hindari 10 Makanan Ini, Nomor 7 Tak Disangka

Dikutip dari VIVA, penderita kolesterol tinggi hendaknya menghindari makanan tertentu yang dapat memperburuk kondisi mereka. Dalam artikel ini, kita akan membahas lima makanan yang harus dihindari oleh penderita kolesterol tinggi.

1. Lemak Trans

Konsumsi 5 Jenis Minuman Ini, Ampun Kendalikan Kadar Kolesterol

Lemak trans adalah jenis lemak buatan yang ditemukan dalam makanan olahan, seperti makanan cepat saji, makanan ringan, dan makanan yang digoreng dalam minyak nabati yang digunakan berulang kali. 

Lemak trans dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dan menurunkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik). Oleh karena itu, penderita kolesterol tinggi harus menghindari makanan yang mengandung lemak trans sebisa mungkin.

Aneka Manfaat Tempe untuk Kesehatan, Jadi Sumber Protein Terbaik

2. Lemak Jenuh

Lemak jenuh adalah lemak alami yang ditemukan dalam daging berlemak, produk susu penuh lemak, mentega, dan minyak kelapa. Konsumsi lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol LDL. 

Halaman Selanjutnya
img_title