Berkedok Giveaway Donasi Palestina, Akun Qori Internasional Asal Trenggalek Diretas

Tangkapan layar akun Ning Nida Trenggalek.
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Trenggalek, VIVA Jatim – Akun instagram @dewiyukha_nidaa atau milik Qori Internasional asal Trenggalek, Ning Dewi Yukha Nida mengalami peretasan. Peretasa tersebut dengan mengganti seluruh akses masuk mulai dari email hingga konfirmasi nomor handpone. Peretasan berkedok memberikan giveaway dengan menjual gawai untuk donasi Palestina.

Mas Ipin: Pemulihan Pasca Banjir Munjungan Trenggalek Ditangani Secara Cepat

Perempuan yang menjadi Khadimul Qur'an dan Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Kedungbajul, Desa Ngadisuko, Kecamatan Durenan, Kabupaten Trenggalek ini mengaku kejadian terjadi pada hari Selasa, 7 November 2023 pukul 10.00 WIB. Ia mendapati tidak beres dengan akun yang ia miliki dengan tidak bisa masuk.

"Peretasnya pintar. Semua langsung diganti akses saya masuk itu tidak ada sama sekali, kebetulan saya juga tidak mempunyai pelindung akun yang kuat, sehingga email semua diganti, termasuk nomor handpone menggunakan sana," ungkap Ning Nida, Rabu, 8 November 2023.

Kemensos Beri 60 Titik Instalasi Air Bersih di Trenggalek, Novita: Pemantik Masyarakat Hidup Sehat

Peretasan tersebut langsung mengganti seluruh akses email, paswoard hingga nomor handpone konfirmasi milik Ning Nida. Dalam upload-an terakhir, peretas mengunggah give away sebuahhandpone salah satu brand gawai terkenal dengan harga tinggi. Hasil tebus murah klaim peretas sebagai dana yang akan disalurkan ke negara Palestina.

Akun yang memiliki 38,5 ribu follower tersebut meski mendapat fitur pemulihan, namun berhubung nomor telah diganti membuat Ning Nida belum bisa memulihkan. Beliau mengaku, kronologi berawal saat mendapat notifikasi masuk melalui direct message (DM) instagram yang seolah-olah dan mirip dari pihak Meta dan di klik tautan tersebut.

Dirjen Perkebunan Dorong Luas Tanam di Trenggalek

"Betul. Saya mengklik tautan lewat DM yang mengatasnamakan instagram," sambungnya.

Kemudian oleh perempuan yang pernah Juara pertama The Holly Qur'an Recitation Competition di Kazan, Rusia mencoba masuk tidak bisa. Bahkan oleh peretas mengunggah giveaway berkedok untuk donasi Palestina. Termasuk di bio instagram menautkan nomor WhatsApp bagi yang menginginkan untuk berdonasi.

Halaman Selanjutnya
img_title