Kunjungi MPP, Dirjen Dukcapil Kemendagri RI Apresiasi Kinerja Dispendukcapil Gresik
- Tofan Bram Kumara/Viva Jatim
Gresik, VIVA Jatim - Pelayanan Admistrasi Kependudukan (Adminduk) oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) mendapat apresiasi positif. Kali ini, apresiasi datang dari Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI Teguh Setyabudi.
Ia bersama rombongan menyambangi MPP Kabupaten Gresik untuk melihat pelayanan adminduk serta kinerja Dispendukcapil Gresik. Selain meninjau, dalam kesempatan ini juga diberikan penyerahan blanko KTP elektronik sebanyak 2.000 keping.
Wakil Bupati Gresik Aminatun Habibah dan Sekretaris Daerah Achmad Washil Miftahul Rahman mendampingi rombongan dari kementerian untuk meninjau berbagai pelayanan kependudukan yang diinisiasi Dispendukcapil Gresik di MPP.
"Mal Pelayanan Publik ini mencakup seluruh pelayanan kepada masyarakat, termasuk di antaranya pelayanan administrasi kependudukan. Patut diketahui bahwa pelayanan adminduk tidak terbatas disini saja. Dispendukcapil Gresik secara rutin melakukan layanan baik secara kolaboratif dengan instansi lain, maupun jemput bola di desa, sekolah, perusahaan, bahkan di pusat perbelanjaan," ujarnya, Rabu, 8 November 2023.
Kegiatan kolaboratif dengan berbagai instansi dan layanan jemput bola ini mendapat apresiasi khusus dari Dirjen Kemendagri Teguh Setyabudi. Menurutnya, inovasi semacam ini perlu untuk dilakukan dalam memaksimalkan layanan Adminduk bagi masyarakat.
Bersama rombongan meninjau pelayanan sekaligus berbincang dengan masyarakat yang sedang antri, Wahyu Setyawan (54) salah satu warga yang mengantri menyampaikan rasa puasnya terkait pelayanan Adminduk.
"Pelayanannya bagus dan gratis, apalagi tidak perlu lagi mengantri terlalu lama, " ungkap Wahyu.
Apresiasi dari berbagai pihak dan capaian Dispendukcapil, tidak membuat Kepala Dispendukcapil Muhammad Hari Syawaluddin berpuas diri. Salah satu yang terus digenjot capaiannya adalah pembuatan Identitas Kependudukan Digital (IKD).
"Kita terus mengejar target IKD, dari yang awalnya 5.600 IKD pada akhir tahun 2022 kita tingkatkan menjadi 16.000 IKD pada bulan juni 2023, dan sekarang capaiannya sudah 35.600 IKD. Setiap hari tidak ada hari tanpa jemput bola," tegasnya.
Kedepan, Kadispendukcapil tersebut berkeinginan mempadukan pelayanan kependudukan dengan berbagai layanan lain seperti Samsat, pajak, BPJS maupun Dinas Sosial. Bahkan, untuk layanan jemput bola nantinya akan turun hingga ke tingkat RT dan RW.