Pemkab Trenggalek Launching PEKKA TALI, Pelayanan Buat Akta Kelahiran Cepat

Rifa'i dengan mudah dapatkan akta kelahiran anak di Trenggalek.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Trenggalek, VIVA Jatim – Pemerintah Kabupaten Trenggalek melaunching Pelayanan Akta Kelahiran Kematian Tepat Langsung Jadi (PEKKA TALI). Program ini merupakan kerjasama UNAIR-UNICEF GELIAT UNAIR (Gerakan Peduli Ibu dan Anak Sehat Berbasis Keluarga dan Masyarakat).

Trenggalek Serius Perdagangkan Karbon Usai Sukses Jadi Tuan Rumah APKASI 2024

Plt Disdukcapil Trenggalek Ririn Eko Utoyo menjelaskan program ini adalah wadah dari pemerintah untuk menggandeng seluruh faskes. Sehingga kedepan untuk pelaporan kelahiran dan kematian bisa tepat waktu, kurang dari 2 bulan sudah terlaporkan dan terdaftar.

Menurutnya program ini nanti pada saat ada kelahiran di faskes, operator di faskes langsung entri ke aplikasi. Sehingga operator Dispendukcapil juga memverifikasi secara online.

Trenggalek Bakal Kehilangan Pajak Motor Rp1 Miliar

"Hari itu insyaallah langsung terbit akta kelahiran. Jadi mungkin lebih cepat, bayi lahir pulang sudah membawa akta kelahiran," ujar Ririn Eko Utoyo di Pendopo Manggala Praja Nugraha, Senin, 10 Juni 2024.

Eko Utoyo mengaku pihaknya telah melakukan evaluasi pada tahun sebelumnya. Total ada 1 ribu proses kelahiran yang mendaftar ke Dispendukcapil lebih dari dua bulan.

ASN di Trenggalek Main Judi Slot Diamankan

"Sehingga kami harus surat keputusan dulu baru terbit akta kelahiran," paparnya.

Ia mengaku untuk target pencatatan ini bisa 100 persen kelahiran langsung ke proses pencatatan di database. Sehingga terbit akta kelahiran. Karena saat ini sudah 99,97 persen, tinggal 17 anak yang belum karena kondisi di lapangan.

Halaman Selanjutnya
img_title