Tangki Pertamina di Tuban Bocor, Warga Alami Sesak Nafas hingga Mual

Kalaksa BPBD Tuban Sudarmaji
Sumber :
  • VIVA Jatim/Imron Saputra

Tuban, VIVA Jatim – Tangki Bahan Bakar Minyak (BBM) Fuel Terminal Tuban milik PT Pertamina mengalami kebocoran pada Senin 10 Juni 2024, dinihari pukul 02.00 WIB. Insiden itu mengakibatkan warga Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban mengalami sesak nafas hingga mual.

Soal Kebocoran Pipa Gas di Tuban hingga Warga Harus Dievakuasi, Pertamina Buka Suara

Selain mual dan pusing, kebocoran tangki BBM tersebut juga mengakibatkan ribuan warga panik dan berhamburan keluar rumah. Saat ini sebanyak 1.500 jiwa yang tinggal di 3 dusun tersebut telah dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

Kepala Desa Tasikharjo Damuri saat dikonfirmasi mengatakan, kebocoran tangki minyak milik perusahaan plat merah tersebut mengakibatkan kabut asap. Kabut itulah yang mengakibatkan warga mengalami sesak nafas, pusing dan sakit perut. 

Pom Mini di Bojonegoro Ludes Terbakar Diduga Akibat Korsleting Listrik

Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban Sudarmaji mengatakan, kebocoran gas yang berada di terminal Pertamina tersebut telah berhasil ditangani. 

Meski begitu, kata dia, petugas masih melakukan penanganan dampak yang ditimbulkan akibat kebocoran tersebut.

Polres Gresik Cek Stok BBM Subsidi di SPBU Jelang Hari Raya, Belum Ditemukan Penyalahgunaan

Petugas telah mengevakuasi warga ke tempat yang lebih aman. Area yang terdampak kebocoran tangki Pertamina juga telah disterilkan.

"Untuk kebocoran di terminal BBM ini sudah berhasil diatasi dan ini hanya dampaknya kabut yang dirasakan oleh masyarakat, baunya sangat menyengat. Semua warga yang terdampak sekarang sudah mengungsi," kata Sudarmaji.

Halaman Selanjutnya
img_title