Ribuan Warga di Tuban Dievakuasi Akibat Pipa Pertamina Bocor

Warga dievakuasi akibat bocornya pipa minyak milik Pertamina
Sumber :
  • Imron Saputra/Viva Jatim

Tuban, VIVA Jatim – Ribuan warga di Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban terpaksa harus dievakuasi oleh sejumlah petugas di dua lokasi yang berbeda.

Pagar Nusa dan Masyarakat di Sumenep Perbaiki Jalan Rusak secara Swadaya

Para warga dievakuasi karena Pipa Bahan Bakar Minyak (BBM) Fuel Terminal Tuban milik PT. Pertamina di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur bocor.

Kebocoran pipa minyak milik perusahaan plat merah tersebut diduga terjadi pada Senin 10 Juni 2024, sekitar pukul 01.00 dini hari tadi. Sementara akibat kejadian tersebut para warga di tiga dusun mengalami sesak nafas, pusing hingga sakit perut.

Mau Usung Kiai Marzuki-Risma di Pilgub Jatim, PKB Minta Nasihat Ulama Khos

Kepala Desa Tasikharjo Damuri saat dikonfirmasi mengatakan, kebocoran pipa minyak milik Pertamina tersebut juga membuat warga panik dan berhamburan keluar. Warga kemudian dievakuasi oleh petugas di dua lokasi yang berbeda yang jaraknya lebih aman.

Evakuasi, lanjut Damuri dilakukan oleh BPBD, perusahaan dan rumah sakit. Saat ini warga yang terdampak akibat bocornya pipa minyak Pertamina tersebut juga telah ditangani oleh tim medis.

PN Surabaya Tolak Gugatan Best Crusher Sentralindojaya pada P3SRS TP5

"Sudah dievakuasi oleh petugas. Untuk total jumlah dusun yang terdampak ada tiga dan jumlah warganya ada 1.500 jiwa. Pagi ini warga sudah dievakuasi di dua lokasi yang jarang lebih aman," kata Damuri saat dikonfirmasi.

Sementara untuk penyebab kebocoran pipa, Damuri mengaku tidak tahu. Meski begitu ia berharap kepada pihak Pertamina agar bisa memberikan peringatan sejak dini jika akan terjadi kebocoran pipa, sehingga hal ini tak berdampak buruk bagi masyarakat.