Meriah, Raimuna Jatim XIV Diikuti 1.500 Penegak dan Pandega di Pantai Prigi Trenggalek

Suasana Raimuna XIV Jawa Timur di Pantai Prigi Trenggalek
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Trenggalek, VIVA Jatim – Ribuan peserta Raimuna Jawa Timur XVI memenuhi Pantai Prigi yang diselenggarakan mulai 16-21 November 2023. Pembukaan Raimuna berlangsung meriah dengan beberapa penampilan spektakuler. Kegiatan lima tahunan bertemunya antar penegak dan pandega ini dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa yang juga sebagai Pembimbing Mabida Kwartir Gerakan Pramuka Jawa Timur.

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, HM Arum Sabil mengungkapkan Raimuna Daerah Jatim XIV ini mengambil tema Jatim Manunggal. Dimana memiliki kepanjangan dari 'Manfaat Unggul dan Berakhlak' yang diikuti seluruh perwakilan Kwartir Cabang (Kwarcab) se-Jawa Timur.

"Diikuti kurang lebih sekitar 1.500 Pramuka yang berasal dari berbagai 38 Kwarcab se-Jawa Timur utuh 100 persen hadir. Peserta akan mengikuti 34 jenis kegiatan yang akan terbagi dalam 8 kelompok," ujar HM Arum Sabil usai membuka secara resmi di Bumi Perkemahan Pantai Prigi, Jum'at, 17 November 2023.

STY Terusik dengan Hal Ini saat Indonesia Menang atas Korea Selatan

Arum Sabil mengaku memilih Trenggalek sebagai tempat Raimuna Daerah lantaran dari sisi geografis, sejarah Prigi memiliki bagian pramuka yang memberikan motivasi kepada adik-adik. Selama ini adik-adik menggelar perkemahan di tengah hutan atau di ladang tetapi ini perpaduan darat dan laut.

"Jadi ada disini memiliki pengalaman yang tentunya berbeda dari sebelumnya. Ini medan baru di pinggir laut dan juga di sekitar hutan," paparnya.

Ingin Lancar Menyusui? Konsumsi 5 Makanan Ini untuk Jaga Kualitas ASI

Menurutnya, lokasi yang dipilih di Prigi Trenggalek ini banyak yang akan banyak dipelajari. Mulai tentang bagaimana kehidupan orang di laut dan di sekitar sini kan di sini ada yang juga banyak sektor pertanian. Sejalan dengan semangat Kwarda Pramuka Jawa Timur 5 tahun kedepan adalah Pramuka Produktif.

"Pramuka produktif yang bergerak di bidang pertanian peternakan dan salah satunya adalah urusan laut ini," tandasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title