Hari Guru Nasional 2023, Gubernur Khofifah Tekankan Pentingnya Pembentukan Karakter Peserta Didik

Gubernur Khofifah mengucapkan Selamat Hari Guru Nasional
Sumber :
  • Nur Faishal/Dok. Pemprov Jatim

SUrabaya, VIVA JatimGuru memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan generasi emas 2045, demikian yang ditekankan oleh Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

Respons Mas Dhito Masuk Bursa Cawagub dari PDIP Pendamping Khofifah

Guru memiliki peran penting dalam membentuk karakter peserta didik, terutama dalam membentuk pribadi anak-anak yang memiliki integritas, moral yang baik, dan cinta terhadap Pancasila. Selain itu, guru juga dapat membantu menciptakan generasi yang unggul dan mampu bersaing.

"Guru memegang peran kunci bagaimana generasi muda bangsa ini dibentuk, jadi generasi emas untuk mewujudkan Indonesia emas 2045 sangat ditentukan bagaimana kualitas pendidikan saat ini," tegas Gubernur Khofifah di peringatan Hari Guru Nasional 2023 yang jatuh hari ini, Sabtu 25 November 2023.

50 Advokat dan Akuntan Publik Jalani Pendidikan, Pimpinan AKPI: Penting Bekerja Profesional!

"Para guru di Indonesia saat ini ibarat motor penggerak yang akan menentukan ke arah mana kemudi akan bergerak dan melaju," imbuhnya.

Gubernur Khofifah menekankan bahwa guru memiliki peran penting dalam membantu anak-anak Indonesia berkembang dengan kreativitas yang tinggi, pengetahuan yang mendalam, inovasi yang kaya, serta karakter dan budi pekerti yang baik. Oleh karena itu, guru diharapkan terus mengembangkan diri melalui inovasi dan kreativitas agar dapat memberikan pengajaran yang lebih baik.

Khofifah Belum Lirik PKB Maju di Pilgub Jatim, Cak Imin: Kalau Daftar Kita Sambut

"Perkembangan teknologi digital mendorong guru terus beradaptasi dengan berbagai proses pembelajaran, mengembangkan inovasi dan kreatifitas guna menghadapi tantangan yang dinamis baik di dalam maupun di luar negeri. Sebab pendidikan itu seharusnya long life education. Minal Mahdi Ilal Lahdi, dari buaian hingga ke liang lahat,” ungkapnya.

Ia menjelaskan guru adalah agen perubahan yang akan menjadi role model dalam upaya mempersiapkan generasi emas Indonesia. Guru juga diharapkan mampu menghadapi berbagai tantangan zaman. Harapannya anak-anak di negeri ini pun memiliki mental tangguh menghadapi tantangan global.

Halaman Selanjutnya
img_title