Eddy Rumpoko Meninggal, GM FKKPI Kenang Almarhum sebagai Ikon Kota Batu

Almarhum mantan Wali Kota Batu Eddy Rumpoko semasa hidup.
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Duka menyelimuti keluarga besar Eddy Rumpoko. Wali Kota Batu periode 2007-2017 meninggal dunia pada Kamis, 30 November 2023, setelah sempat dirawat di RS Karyadi Semarang, Jawa Tengah, selama dua hari. Banyak pihak berduka, termasuk keluarga besar Generasi Muda Forum Komunkasi Putra Putri Purnawirawan TNI/Polri (GM FKPPI).

Akhir Suram Moerachman, Wali Kota Surabaya yang Hilang di Tahun Jahanam

“Kami keluarga besar GM FKPPI Jatim sangat kehilangan sosok senior yang baik, perhatian, egaliter, humble, dan inovatif. Selamat jalan mas, semoga diberi tempat terbaik disisi-Nya. Amin," kata Ketua GM FKPPI Jatim, Agoes Soerjanto. 

Agoes mengenang, saat menjadi kepala daerah, Eddy Rumpoko telah berhasil menjadikan Kota Batu sebagai destinasi wisata unggulan. Tidak hanya di Jawa Timur, tapi juga Indonesia. Selama dua periode di bawah kepemimpinannya, Kota Batu bertransformasi dari kota kecil yang sepi menjadi kota yang selalu ramai dengan jutaan wisatawannya.

Lantik 6 Pj Bupati dan Wali Kota, Khofifah Minta Pelajari Detail Memori Jabatan

Karena itu, Agoes menyebut Eddy Rumpoko sebagai ikon Kota Batu, sebagaimana Azwar Anas yang dikenal karena berhasil memoles Kabupaten Banyuwangi dan Tri Rismaharini atau Risma yang sukses membangun Kota Surabaya. “Jika di Banyuwangi ada Pak Azwar Anas, di Surabaya ada Bu Risma, di Batu ada Pak Eddy Rumpoko,” ujarnya. 

“Semangat berani melakukan transformasi harus dijalankan kepala daerah seperti yang telah dilakukan ketiga pemimpin tersebut. Pak Eddy Rumpoko adalah contoh kepala daerah yang berhasil membangun daerahnya, memanfaatkan potensi yang dimiliki yang muaranya untuk kesejahteraan rakyat," imbuh Agoes.

Begini Kronologi Kaesang Pangarep Siap Jadi Calon ‘Depok Pertama’

Sementara itu, Sekretaris GM FKPPI Jatim, Didik Prasetiyono, mengatakan, transformasi kemajuan Kota Batu adalah buah tangan Eddy Rumpoko. Dia berhasil mendirikan destinasi wisata yang ikonik yang mampu menyedot datangnya wisatawan. Seperti Batu Night Spectacular, Museum Satwa Batu, Jatim Park, Eco Green Park hingga Museum Angkot.

"Eddy Rumpoko adalah Kota Batu, dan Kota Batu adalah Eddy Rumpoko. Orang akan terus mengenang pertumbuhan pesat wisata di Kota Batu berkat tangan dingin Eddy Rumpoko," kata Direktur Utama PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) itu.

Halaman Selanjutnya
img_title