Jatim Terima Penghargaan Inovasi Pelayanan Digital, Ini Kata Gubernur Khofifah

Jatim Terima Penghargaan Inovasi Pelayanan Digital dari TV One
Sumber :
  • Nur Faishal/Dok.Humas Pemprov Jatim

Surabaya, VIVA JatimPemerintah Provinsi Jawa Timur berhasil meraih penghargaan "Inovasi Membangun Negeri 2023" dalam kategori Pelayanan Digital dari tvOne.

Halal Bihalal dan Musda IKA SKMA Jatim, Pj Gubernur Adhy Tegaskan Komitmen Soal Hutan

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Chief Executive Officer tvOne Taufan E. N. Rotorasiko kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di The Convergence Indonesia, Jakarta, Jumat 1 Desember 2023 malam. 

Penghargaan ini diberikan karena prestasi Jawa Timur di bawah kepemimpinan Khofifah yang telah berhasil melakukan berbagai upaya terkait inovasi pelayanan publik berbasis IT. Inovasi tersebut telah memberikan dampak yang signifikan terhadap kualitas layanan publik di masyarakat.

Khofifah Hadiri Resepsi Harlah PMII Ke-64 di Kediri, Ajak Mahasiswa Bangun Konsolidasi Programatik

"Inovasi pelayanan digital ini memang suatu kebutuhan. Karena pelayanan publik akan lebih cepat, akurat, dan transparan dengan digital sistem," ujar Gubernur Khofifah saat menerima penghargaan. 

Salah satu inovasi milik Pemprov Jatim, kata Khoffiah, adalah Jawa Timur Belanja Online (JATIM BEJO). Ini adalah optimalisasi pemanfaatan e-marketplace untuk pengadaan barang/jasa pemerintah di Jatim sebagai upaya peningkatan peran pelaku UMKM. 

PMII Jatim Serukan Inisiatif Perdamaian Global di Momen Harlah ke-64

Inovasi lain yang dikembangkan Pemprov Jatim adalah Bus Trans Jatim. Di mana, transportasi publik ini tidak hanya mengandalkan penggunaan aplikasi online sebagai sarana pemesanan tapi juga artificial intelligence (AI) untuk memprediksi perjalanan. 

"Dengan AI ini, akan ada laporan seperti kondisi lalu lintas dan perilaku sopir yang bermain hape atau mengantuk. Jadi kita bisa mengantisipasi apa yang akan terjadi di lapangan. Alhamdulillah, ini salah satu sistem transportasi paling canggih di Indonesia," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title