Maksimalkan Serapan Tenaga Kerja, Anggota DPRD Gresik Fasilitasi Pemuda Ikuti Pelatihan Kerja

DPRD Gresik Fasilitasi Pemuda Ikuti Pelatihan Bersertifikat
Sumber :
  • Tofan Bram Kumara/Viva Jatim

Gresik, VIVA Jatim - Kabupaten Gresik terdapat ratusan perusahaan, karena itu perlu diimbangi dengan tenaga kerja yang profesional dan mumpuni. Program-program pelatihan dengan sertifikasi tenaga kerja diperlukan.

Perusahaan Tak Bayar hingga Cicil THR, Sederet Sanksi Berat Menanti!

Melalui pokok pikiran (Pokir) yang diusulkan, anggota dewan perwakilan rakyat daerah (DPRD) memfasilitasi pemuda untuk mengakses pelatihan kerja bersertifikat di Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

M, Syahrul Munir anggota DPRD Gresik yang mengimplementasikan pelatihan kerja bersertifikat memakai APBD.

Pengolahan Industri Hijau Dinilai Berdampak Signifikan pada 4 Problem di Gresik

Salah satu peserta, Ainul mengatakan pelatihan kerja selama dua pekan ini sangat bermanfaat. Apalagi, banyak sekali informasi dan keahlian yang didapat. Dan, tentunya pelatihan ini gratis. Dan berharap bisa mendapatkan pekerjaan setelah menjalani program tersebut.

"Banyak banget manfaatnya terutama bagi temen-temen yang awalnya belum tahu tentang kesehatan dan keselamatan kerja (K3). Sekarang punya keahlian yang nantinya bisa dipakai bekerja di perusahaan yang temen-temen inginkan. Baik di JIIPE, atau Freeport, atau mungkin juga luar Gresik," katanya usai pelatihan di GOR Desa Tanggulrejo, Selasa, 5 Desember 2023.

Banjir Kali Lamong Jadi Langganan Tahunan, DPRD Gresik Soroti Kinerja Dinas PUPR

Sementara itu, Anggota DPRD Gresik M Syahrul Munir menyatakan, melalui Pokir pihaknya membawa program ini ke desa, baik peralatan praktik maupun tenaga ahli serta lembaga pelatihan kerja yang ditunjuk.

"Kita berkegiatan di desa untuk pelatihan sertifikasi tenaga kerja. Satu angkatan ini 20 orang yang mendapatkan sertifikat keahlian," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title