Elektabilitas Capres Prabowo kian Memuncak gegara Sikap Blunder PDIP

Capres Cawapres Prabowo-Gibran Nomor Urut 2
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Masa kampanye Pilpres 2024 sudah berlangsung kurang lebih sepekan. Masing-masing pasangan capres-cawapres pun terus melakukan kampanye ke sejumlah daerah dengan aneka cara tersendiri. Namun sejauh ini, elektabilitas Prabowo Subianto, Capres nomor urut 2 kian memuncak meninggalkan dua capres lainnya. 

Zulhas Dukung Presidential Club Ala Prabowo: Demi Indonesia Emas 2045

Seorang pakar politik, Burhanuddin Muhtadi menganalisa elektabilitas Prabowo yang perlahan naik hingga sebelum kampanye. Dia merujuk hasil terakhir survei Indikator Politik Indonesia dengan kepuasan terhadap Presiden Jokowi sebelum kampanye tercatat 75,8 persen.

"Itu yang puas, yang tidak puas kurang lebih 23-25 persen. Tergantung. Jadi, taruhlah 25 persen tidak puas. Nah, sebelumnya ini captive-nya Anies Baswedan," kata Burhanuddin dikutip dari VIVA, Rabu, 6 Desember 2023.

Pilkada Lamongan 2024: Yuhronur Efendi Daftar di PDIP, Ketua PKB Daftar di NasDem

Menurut dia, belakangan ini capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo yang diusung PDIP lebih dekat ke narasi perubahan yang identik dengan capres nomor urut 1 Anies Baswedan. Burhanuddin membaca kondisi itu dengan Anies dan Ganjar seperti memperebutkan segmen kecil yaitu 25 persen berdasarkan hasil survei terakhir Indikator Politik Indonesia.

"Itu kolam yang kecil. Kolam yang gede adalah kolam yang puas dengan Presiden Jokowi. Sekitar 75-an persen tadi," ujar Burhanuddin.

Respons Mas Dhito Masuk Bursa Cawagub dari PDIP Pendamping Khofifah

Dia mengatakan berbeda hasil survei saat Ganjar Pranowo masih co branding dengan Jokowi. Kata Burhanuddin, hasil survei Ganjar ketika itu mendominasi kolam yang puas dengan Jokowi.

Namun, untuk saat ini, Prabowo bisa unggul versi survei karena dipersepsikan dekat dengan Jokowi. Apalagi, setelah putra sulung Jokowi yaitu Gibran Rakabuming Raka jadi cawapres mendampingi Prabowo.

Halaman Selanjutnya
img_title