Usai Banjir, Koramil Balongpanggang Bersih-bersih dan Edukasi Warga

Koramil 0817/09 Balongpanggang saat bersih-bersih bareng warga
Sumber :
  • Tofan Bram Kumara/Viva Jatim

Gresik, VIVA Jatim – Banjir luapan air bah Kali Lomong yang menggenangi enam Desa di Kecamatan Balongpanggang Kabupaten Gresik mulai surut, Sabtu, 9 Desember 2023. Koramil 0817/09 Balongpanggang, Satpol PP dan warga Desa Wotansari melaksanakan bersih-bersih di fasilitas umum Desa.

Pilu 2 Gadis ABG di Gresik 2 Tahun Dicabuli Ayah Tirinya

Diketahui, Desa Wotansari menjadi satu diantara enam Desa yang terdampak luapan air bah Kali Lomong, Jumat, 8 Desember 2023 kemarin. Di Desa Wetonsari ketinggian air saat itu mencapai 10-60 cm, ratusan rumah masih tergenang air, area persawahan sekitar 35 hektar masih terendam air bah dan beberapa fasilitas umum lainnya termasuk tempat ibadah.

Danramil 0817/09 Balongpanggang Kapten Arh Kuntoko mengatakan bersama jajaran anggota, Satpol PP dan Pemdes Wotansari serta warga setempat melakukan giat Karya Bhakti membersihkan saluran air, akses jalan yang terdampak banjir dan lainnya.

5 Pendaftar Cabup-Cawabup Gresik Temui Cak Imin di Surabaya, Rebutan Rekom PKB?

"Kami (anggota TNI), Satpol PP dan masyarakat gotong royong membersihkan saluran air dan perbaikan akses jalan yang berlubang akibat banjir luapan air bah Kali Lamong dengan alat seadanya seperti cangkul, linggis, sekrop dan lainnya," katanya.

Ia menambahkan saluran air macet akibat dari benda-benda yang terbawa air bah, menambah jalan poros Desa yang berlubang akibat gerusan air yang deras juga diperbaiki agar warga bisa dengan nyaman kembali ketika melewati.

Tampang Melas 2 Tersangka Pemerkosa Gadis ABG di Bawean Gresik

"Banyak yang terbawa air seperti sampah plastik, kayu dan lainnya. Kami bersihkan itu semua. Sumbatan sampah menjadi bersih, sehingga air mengalir dengan baik diharapkan tidak memicu banjir lagi saat hujan," jelas Danramil Kapten Arh Kuntoko.

Giat ini melibatkan unsur Pemerintah Desa, Satpol PP Kecamatan dan warga. Selain itu juga, memberikan masukan dan arahan kepada warga, bagaimana caranya untuk bersiaga sebelum atau sesudah banjir.

Halaman Selanjutnya
img_title