Sudah 4 Partai Dukung Khofifah Maju di Pilgub Jatim, Semua Pengusung Prabowo-Gibran

Khofifah Pamit Maju Pilgub Jatim Lagi di Hadapan Ribuan Kader Muslimat NU
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim – Setidaknya sempat partai politik sudah menyatakan dukungan kepada Khofifah Indar Parawansa untuk maju sebagai calon gubernur (cagub) di Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024. Keempat partai politik itu semuanya tergabung dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang merupakan pengusung capres-cawapres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran).

Ratusan Kader Muslimat NU se-Nganjuk Ikuti Jalan Sehat Berkebaya Peringati Hari Kartini

Keempat partai tersebut ialah Partai Amanat Nasional (PAN), Gerindra, Demokrat, dan Partai Golkar. Dua partai disebut pertama sudah secara resmi menyerahkan surat rekomendasi kepada Khofifah. Surat rekomendasi PAN diserahkan sang ketua umum Zulkifli Hasan di Surabaya pada pekan lalu, sementara Gerindra diserahkan Hashim Djojohadikusumo di Surabaya, Minggu, 10 Desember 2023.

Adapun dua partai lainnya, yakni Demokrat dan Golkar baru sebatas lisan. Dukungan Demokrat kepada Khofifah disampaikan langsung oleh Ketua Majelis Tinggi Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dalam rangkaian safarinya selama tiga hari di Blitar, Trenggalek, Tulungagung, dan Kediri.

Giliran PDIP dan PKB Disambangi Ketua Gerindra, Bentuk Koalisi Besar di Pilkada Gresik 2024

Berbeda dengan PAN Gerindra yang hanya memberikan rekomendasi cagub, SBY menyatakan bahwa partainya akan mengusung paket lengkap cagub dan cawagubnya di Pilkada Jatim 2024. Demokrat ingin menduetkan kembali Khofifah-Emil Dardak, melanjutkan periode pertama.

“Konstitusi partai kami itu diambil pada tingkat majelis tinggi partai yang saya Pimpin sendiri. Dengan demikian yaitu posisi kami untuk pilgub dan pilwagub ke depan untuk Jatim," ungkap Susilo Bambang Yudhoyono di Ballroom Lojjika Tulungagung, Sabtu, 9 Desember 2024.

Maju Pilwali Surabaya 2024, Kader Gerindra Hadi Dediansyah Janji Bikin Perubahan

Adapun tentang dukungan Golkar disampaikan Khofifah sendiri seusai menerima surat rekomendasi dari Gerindra. Ketua Umum Muslimat NU itu mengungkapkan bahwa Golkar sudah mengkonfirmasi mendukung dirinya di Pilgub Jatim 2024 nanti. Namun, penyerahan surat rekomendasi menunggu waktu yang tepat. 

“Golkar sudah terkonfirmasi, tapi suratnya belum sampai,” ucapnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title