PLN Pastikan Pasokan Listrik di Jatim Aman Selama Libur Nataru 2023

Petugas PLN sedang memperbaiki infrastruktur kelistrikan
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim - Perusahaan Listrik Negara (PLN) memastikan pasokan listrik di Jawa Timur aman dan terjaga selama perayaan Hari Raya Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 (Nataru).

PT PLN Pastikan Pasokan Listrik PLTU Paiton Aman Selama Lebaran

Untuk memastikan keandalan pasokan listrik, PLN menetapkan masa siaga Nataru 2023 dari 15 Desember 2023 sampai 8 Januari 2024.

General Manager PLN UID Jawa Timur, Agus Kuswardoyo mengungkapkan, sistem kelistrikan Jawa Timur disuplai dari tujuh subsistem berbeda dengan total pasokan sebesar 9.672 MW. Sedangkan beban puncak Jawa Timur sebesar 6.686 MW, sehingga masih surplus cadangan daya 2.986 MW.

PLN Sediakan SPKLU di Setiap Rest Area Tol, Total Ada 1.299 Unit se-Indonesia

"Cadangan pasokan listrik kita saat ini lebih dari 30 persen, cadangan daya ini cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat. PLN juga telah melakukan serangkaian kegiatan pemeliharaan untuk meminimalisir potensi gangguan khususnya di musim penghujang seperti sekarang," terang Agus, Senin 18 Desember 2023.

Menjelang masa libur panjang yang akan tiba, Agus mengimbau para pelanggan untuk membayar tagihan rekening listrik sebelum 20 ataupun mengisi token listrik sebelum habis agar dapat menikmati libur dengan nyaman.

Stok Batu Bara di Atas 20 Hari, Pasokan Listrik saat Lebaran 2024 Dijamin Aman

Ia mengatakan, PLN juga menyediakan layanan penyambungan sementara untuk pelanggan atau masyarakat yang memerlukan tambahan daya listrik untuk merayakan liburan atau perayaan Natal dan Tahun Baru di rumah.

"Caranya cukup mudah, pelanggan bisa mengakses seluruh kebutuhan layanan PLN melalui aplikasi PLN Mobile, pelanggan bisa beli token, bayar tagihan rekening listrik, hingga mengajukan penyambungan sementara melalui aplikasi PLN Mobile," pungkas Agus.