Komunitas Poro Kiai dan Rejo Semut Ireng Dukung Prabowo-Gibran, Dawuh Gus Dur Alasannya

Ratusan kiai atasnama Kopi Jatim deklarasi dukung Prabowo-Gibran.
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Sejumlah kiai kampung di Jawa Timur yang mengatasnamkan Komunitas Poro Kiai (Kopi) dan Rejo Semut Ireng mendeklarasikan dukungan untuk capres-cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran) di Hotel Majapahit Surabaya pada Senin, 18 Desember 2023. 

Menteri Tito Karnavian Ungkap Alasan Gibran Tak Hadiri Hari Otoda di Surabaya

Sedikitnya 130 kiai kampung dari 38 kabupaten dan kota di Jawa Timur hadir dalam deklarasi tersebut. “Ini berangkat dari dawuhnya Gus Dur yang menyatakan bahwa Pak Prabowo adalah orang yang paling ikhlas," kata Kopi Jatim, Mahrus Ali, kepada wartawan.

Kiai asal Pesantren Sabilul Muttaqien Pacet, Kabupaten Mojokerto, itu mengatakan, Gus Dur juga pernah menyampaikan bahwa Prabowo adalah presiden di masa tua. Baginya, dawuh Gus Dur yang dianggap sebagai wali adalah panutan yang sangat dihormati kiai.

PMII Jatim Nilai Rekonsiliasi Prabowo dan Cak Imin Wujud Sifat Negarawan Sejati

"Maka atas dawuh itu kami satukan langkah kiai grassroot di Jatim untuk bersama-sama deklarasi mendukung Prabowo-Gibran," ujar Mahrus.

Setelah deklarasi, Mahrus Ali menegaskan pihaknya berkomitmen untuk segera melakukan konsolidasi dan menggerakkan roda Kopi di seluruh Jatim, agar langkah memenangkan Prabowo-Gibran bisa terwujud.

Susul Jokowi, Gibran Juga Tak Hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah di Surabaya

Dia mengatakan, komunitas Kopi memiliki banyak jaringan lembaga. Dia menyebut jaringannya di antaranya madrasah-madrasah diniyah atau Madin yang di Jatim berjumlah 32.612. Jaringan ini yang akan dimanfaatkan untuk mendongkrak suara Prabowo-Gibran di Jawa Timur.

"Bahwa jika beliau menjadi presiden, Madin dan juga pesantren yang ada di kampung-kampung yang selama ini masih kurang perhatian bisa mendapatkan perhatian lebih," tandas Mahrus.

Halaman Selanjutnya
img_title