TPN Ganjar-Mahfud Meragukan Klarifikasi Gus Miftah Soal Bagi-bagi Duit di Pamekasan

Todung Mulya Lubis
Sumber :
  • Viva

Jakarta, VIVA Jatim – Video Penceramah Kondang Miftah Maulana Habiburrahman alias Gus Miftah yang sedang membagi-bagikan uang kepada masyarakat sedang viral baru-baru ini. Terkait hal itu, Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud meresponsnya.

Gus Fawait: Wajah Damai usai Pilpres 2024 Juga Harus Terjadi pada Pilkada 2024

Deputi Hukum TPN Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis mengatakan pihaknya sudah mengetahui penjelasan Gus Miftah atas video viral bagi-bagi duit yang diketahui di salah satu pesantren di Wilayah Pamekasan, Jawa Timur, tersebut.  

“Saya sudah membaca penjelasan Gus Miftah mengenai hal ini, Gus Miftah mengatakan dia tidak menerima uang dari paslon tertentu. Dia tidak mengatakan sumber uang dari mana, yang saya tahu. Tapi, dia memang membagi-bagi uang di ponpes dia, pondok pesantren dia, itu diakui,” kata Todung kepada awak media di Media Center TPN Ganjar-Mahfud, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 29 Desember 2023.

Emil Sebut Rangkaian Pilpres 2024 Final Usai MK Bacakan Putusan

Kendati Gus Miftah mengaku tak ada kaitannya dengan Pilpres 2024, Todung tak percaya begitu saja sebab dalam video itu ada santri yang membentangkan kaos bergambar capres nomor urut 2, Prabowo Subianto. Apalagi, dalam beberapa kesempatan Gus Miftah terlihat hadir di acara capres-cawapres Prabowo-Gibran. 

“Tidak ada urusannya dengan pilpres, tapi apakah seseorang yang menampilkan gambar Prabowo dari kerumunan santri itu, bisa ditafsirkan sebagai kampanye yang dilakukan oleh Gus Miftah, kampanye yang membagi-bagikan uang, politik uang,” kata Todung.  

Sengketa Pilpres di MK Selesai, Prabowo: Lakukan Persiapan Hadapi Masa Depan

Karena itu, Todung menyebut bahwa tidak heran jika ada pihak-pihak yang menafsirkan Gus Miftah sedang berkampanye dengan cara politik uang untuk salah satu paslon yang berkontestasi di Pilpres 2024. “Saya kira, Gus Miftah sudah memberikan penjelasan, tapi kecurigaan itu tetap muncul,” imbuhnya.

Sebelumnya, Gus Miftah mengklarifikasi vidionya yang viral tengah bagi-bagi uang di Pamekasan, Madura. Dia menepis merupakan bagian dari salah satu kontestan Pilpres 2024. 

Halaman Selanjutnya
img_title