Ibadah Malam Natal Umat Ortodoks di Mojokerto Berjalan Penuh Khidmat

Ibadah Malam Natal Umat Ortodoks di Mojokerto
Sumber :
  • Lutfi/Viva Jatim

Mojokerto, VIVA Jatim - Umat kristiani pada umumnya menggelar perayaan natal pada 25 Desember. Namun hal yang berbeda terjadi pada umat kristen Ortodoks di Mojokerto. 

Kata Bupati Gresik Kolaborasi Pemkab dan Bamag Berikan Rasa Aman

Mereka merayakan Natal setiap tanggal 7 Januari dengan mengacu pada kalender Julian. Kondisi itu tentu dengan mayoritas umat Kristiani dunia yang merayakan Natal pada 25 Desember.

Perayaan Natal itu seperti yang dilakukan penganut ortodoks  Mojokerto.  Mereka menjalankan misa di  Kapel Demitrios yang beralamat di Jalan Jayawardana, Gatol Gang V, Desa Banjaragung, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto pada Sabtu, 6 Januari 2024 sore. 

Momen Natal, Menkominfo dan Menag Kompak Sebut Prabowo Sahabatnya

Perayaannya pun cukup berbeda dengan Natal pada umumnya. Tak ada keramaian, tak ada pesta. Yang ada adalah kesunyian dan ritual berdoa dengan khusyuk. 

Ibadah natal di Kapel Demitrios berlangsung dengan penuh khidmat. Proses Liturgi dipimpin oleh Romo Yohanes Bambang Cahyo Wicaksono. Dimulai dari Kyros atau pembukaan gerbang kudus dan dilanjutkan mempersiapkan sakramen perjamuan kudus. 

Natal 2023, Jokowi Ajak Jadikan Kepentingan Bangsa Sebagian dari Iman 

Setelah itu, Liturgi dibuka dengan mengangkat Injil dan pembacaan Litani Panjang. Kemudian dilanjutkan dengan arak-arakan Injil dan pembacaan Epistel dan Injil. Setelah itu Romo akan melakukan Homili atau pesan tersirat dari bacaan injil.

“Di dalam natal  itu bukan hura-hura , tapi memang isinya mengandung sarat teologis sekali. Sehingga dengan demikian, orang mengerti bahwa natal menuju pada perdamaian, membawa suatu pesatuan antara manusia dan alam,” kata Romo Yohanes usai melakukan liturgi. 

Halaman Selanjutnya
img_title